Senin 23 May 2022 20:05 WIB

44 JCH Padang Panjang Ikuti Bimbingan Manasik Haji

Kegiatan manasik di Padang Panjang ini akan berlangsung dua hari.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agung Sasongko
Sejumlah calon jamaah haji dan umrah melakukan tawaf saat manasik haji.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah calon jamaah haji dan umrah melakukan tawaf saat manasik haji.

IHRAM.CO.ID, PADANG PANJANG -- Sebanyak 35 orang jamaah calon haji (JCH) Kota Padang Panjang dan sembilan orang cadangan, mengikuti Bimbingan Manasik Haji di Masjid Taqwa Muhammadiyah, Senin ( 23/5/2022).

Kegiatan manasik di Padang Panjang ini akan berlangsung dua hari ini  menghadirkan narasumber Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Padang Panjang, Alizar Chan, M.Ag dan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Padang Panjang, Endang Sriyani.

Baca Juga

Alizar mengatakan Kemenag memiliki kewajiban sesuai Undang-undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah untuk memberikan bimbingan atau pembinaan kepada JCH.

"Rangkaian bimbingan manasik haji adalah sebagai pembelajaran kepada JCH. Karena diterima atau tidaknya ibadah haji, tergantung dari seberapa jauh pemahaman tentang tata cara pelaksanaannya," kata Alizar.

 

Ia mngingatkan jamaah calon haji agar mengenal rukun, sunah, dan perbuatan yang diharamkan selama menunaikan ibadah haji. Sehingga setelah melaksanakan ibadah haji, menjadi haji yang mabrur.

Alizar menambahkan pada hakekatnya manasik haji merupakan sebuah pelatihan tentang pelaksanaan ibadah haji secara menyeluruh yang wajib diikuti JCH. Menurut dia, kegiatan manasik haji bertujuan agar calon JCH memahami tentang pelaksanaan dan perjalanan haji, baik di tanah air maupun di Arab Saudi.

"Di samping itu, juga untuk pemahaman mengenai kesehatan dan kemampuan mengamalkan itikad pada saat pelaksanaan ibadah haji," ucap Alizar.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement