Ditjen PHU Mulai Susun Jadwal Penerbangan Jamaah Haji 2022

Jumat , 27 May 2022, 06:54 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU), Saiful Mujab, mengatakan jadwal kloter pertama jamaa haji Indonesia pada 4 Juni
Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU), Saiful Mujab, mengatakan jadwal kloter pertama jamaa haji Indonesia pada 4 Juni

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Waktu pelaksanaan ibadah haji 1443 H/2022 M semakin dekat. Kementerian Agama (Kemenag) pun mulai mengatur jadwal keberangkatan jamaahnya dari tiap embarkasi. 

 

Terkait

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU), Saiful Mujab, menyebut jadwal penerbangan yang sementara ini telah disusun untuk kloter pertama dilakukan pada 4 Juni 2022. 

“Insya Allah kloter pertama akan terbang pada 4 Juni 2022. Ada lima penerbangan untuk sementara ini yang sudah mulai kita susun jadwalnya," ucap dia dalam keterangan yang didapat Republika.co.id, Jumat (27/5/2022). 

Lima penerbangan itu antara lain embarkasi Solo, Embarkasi Jakarta–Pondok Gede, Embarkasi Jakarta–Bekasi, Embarkasi Surabaya dan Embarkasi Padang. Embarkasi Solo (SOC) dijadwalkan berangkat pukul pukul 00.30 WIB. 

Keberangkatan berikutnya dilakukan Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) pukul 06.45 WIB, disusul Embarkasi Jakarta–Bekasi (JKS) pukul 07.25 WIB. Selanjutnya penerbangan dari Embarkasi Surabaya (SUB) pukul 08.30 WIB dan terakhir Embarkasi Padang (PDG) pada pukul 12.55 WIB.

“Itu yang insya Allah akan kita berangkatkan di kloter I, pada 4 Juni 2022. Saat ini kita sedang proses mematangkan jadwal penerbangan lainnya ke Arab Saudi," ujarnya. 

Perihal penerbangan tersebut, pihaknya disebut terus melakukan pembicaraan intensif. Dalam waktu dekat diharapkan persoalan ini sudah bisa diselesaikan. 

Lebih lanjut, Mujab juga memaparkan kesiapan dari asrama haji yang akan digunakan oleh jamaah. Asrama haji di 13 embarkasi dan beberapa Asrama Haji Antara disebut sudah siap menerima jamaah. "Sudah kita koordinasikan dengan instansi terkait, termasuk perihal sanitasi dan lain sebagainya,” lanjut dia. 

Koordinasi dengan pihak Kanwil Kemenag Provinsi juga disampaikan sedang dilaksanakan, terutama terkait pengkloteran. Ditjen PHU Kemenag telah memanggil seluruh Kabid PHU di semua Kanwil tentang pengkloteran. 

Lebih dari itu, pihaknya juga telah mengimbau untuk segera memlakukan proses pemvisaan. Sementara untuk koper jamaah sudah sampai di Kanwil dan sedang proses distribusi. 

Diketahui Indonesia tahun ini akan memberangkatkan 92.825 jamaah haji. Angka ini terdiri dari 92.246 jamaah haji reguler, 114 KBIHU, dan 465 petugas haji daerah. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini