Ahad 29 May 2022 23:25 WIB

 776 Calon Jamaah Haji Depok Ikuti Bimbingan Manasik Haji

Pelaksanaan manasik haji akan berlangsung selama enam kali.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi. Sejumlah calon jamaah haji mengikuti manasik haji. 776 Calon Jamaah Haji Depok Ikuti Bimbingan Manasik Haji
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Ilustrasi. Sejumlah calon jamaah haji mengikuti manasik haji. 776 Calon Jamaah Haji Depok Ikuti Bimbingan Manasik Haji

IHRAM.CO.ID, DEPOK -- Sebanyak 776 calon jamaah haji (Calhaj) asal Kota Depok mengikuti bimbingan manasik haji di Masjid Agung Balai Kota Depok, Sabtu (28/5/2022). Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Staf Ahli Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan Pemkot Depok Mohammad Fitriawan.

"Beberapa hal yang perlu diperhatikan calhaj selama menjalani ibadah haji di tanah suci. Di antaranya menjaga kondisi fisik harus tetap prima," ujar Fitriawan. 

Baca Juga

Prosesi ibadah haji akan memakan waktu yang cukup lama dan membutuhkan energi yang besar. "Kini kita masih dalam masa pandemi Covid-19, hal-hal yang dapat mengurangi stamina tubuh tolong dikurangi seperti merokok. Mulailah mengonsumsi multivitamin, makanan gizi seimbang, kurangi karbohidrat, dan jalani Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)," jelas Fitriawan.

Menurut Fitriawan, pelaksanaan ibadah haji ibaratnya merupakan kegiatan konferensi tingkat dunia bagi umat Islam. Jutaan umat Muslim dari berbagai penjuru dunia bertemu di sana untuk melaksanakan rukun Islam kelima, yaitu pergi haji.

Oleh sebab itu, ia meminta seluruh jamaah menunjukkan akhlak yang baik selama prosesi haji. Seperti, tolong menolong kepada jamaah haji lainnya dan menuturkan perkataan yang baik.

"Sebagai duta umat Muslim dari Depok dan tamunya Allah, calhaj harus memperlihatkan hal-hal yang baik karena di sana sangat menguji kesabaran dan jangan sampai merusak prosesi haji," tuturnya. 

Kepala Kantor Kemenag Kota Depok Asnawi mengungkapkan, pelaksanaan manasik haji akan berlangsung selama enam kali. Dua kali dilaksanakan tingkat kota dan empat kali di masing-masing kecamatan.

"Jamaah haji akan berangkat menjadi tiga bagian. Kloter 8 pada 9 Juni, kloter 36 pada 28 Juni, dan kloter 41 pada 30 Juni. Total ada 776 calon jamaah haji dari Kota Depok," pungkasnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement