Senin 30 May 2022 22:18 WIB

Kemenag Haji Depok Gelar Bimbingan Manasik Haji Serentak

11 kecamatan gelar bimbingan manasik haji serentak di depok.

Rep: Rusdi Nurdiansyah/ Red: Muhammad Hafil
Kemenag Haji Depok Gelar Bimbingan Manasik Haji Serentak. Foto: Manasik haji.  (ilustrasi)
Foto: Antara/Lucky R
Kemenag Haji Depok Gelar Bimbingan Manasik Haji Serentak. Foto: Manasik haji. (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  DEPOK--Mengawali persiapan pemberangkatan jemaah haji, Kementerian Agama Kota Depok mulai menggelar Manasik Haji serentak di 11 kecamatan melalui Kantor Urusan Agama (KUA). Kegiatan ini berlangsung sejak Ahad (29/5/2022) hingga Rabu (1/6/2022).

"Selama empat hari ke depan para calon jemaah haji (Calhaj) mengikuti bimbingan manasik haji di setiap kecamatannya," kata Kepala Kantor Kemenag Kota Depok, Asnawi di Kantor Kemenag Kota Depok, Senin (30/5/2022).

Baca Juga

Menurut Asnawi, bimbingan manasik haji sangat penting untuk para Calhaj. Mereka akan mendapatkan pendalaman materi tentang hal-hal yang harus dilakukan, mulai dari sebelum keberangkatan, pelaksanaan haji, sampai kembali lagi ke tanah air.

"Terutama ilmu tentang ibadah haji, syarat wajib dan rukun haji harus tau. Lalu, proses perjalanan ibadah hajinya bagaimana harus mereka ketahui," jelasnya.

 

Lanjut Asnawi, tahun 2022 ini sebanyak 766 Calhaj Kota Depok yang diberangkatkan ke tanah suci Mekkah. Mereka terbagi dalam tiga kloter. Kloter 8 pada 9 Juni, kloter 36 pada 28 Juni, dan kloter 41 pada 30 Juni.

"Sampai saat ini tidak ada jemaah Kota Depok yang batal berangkat, sesuai dengan kuota yang diberikan yaitu 776 orang. Ibadah haji merupakan ibadah fisik, calon jemaah haji diminta menjaga kesehatannya secara mandiri agar semua rukun haji dapat dilaksanakan dengan sempurna," pungkasnya. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement