Lima Bandara AP II akan Layani 41 Ribu Jamaah Haji

Jumat , 03 Jun 2022, 14:01 WIB Reporter :Rahayu Subekti/ Redaktur : Fuji Pratiwi
PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) menyiapkan fasilitas layanan untuk penumpang jamaah Haji 2022 di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta.
PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) menyiapkan fasilitas layanan untuk penumpang jamaah Haji 2022 di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA — PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) memastikan kesiapan bandaranya untuk melayani jamaah haji mulai esok, Sabtu (4/6/2022). Bandara AP II yang ditetapkan menjadi embarkasi penerbangan haji adalah Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh), dan Bandara Minangkabau (Padang). 

 

Terkait

"Lima bandara AP II akan melayani keberangkatan sebanyak 41.713 orang jamaah haji di dalam 106 kloter," kata Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (3/6/2022). 

Baca Juga

Awaluddin memastikan AP II melakukam koordinadi dengan Kementerian Agama, Kantor Imigrasi, Bea dan Cukai, TNI dan Polri, AirNav Indonesia serta maskapai. Hal tersebut dilakukan agar keberangkatan jamaah haji ke Tanah Suci dapat dilakukan dengan baik, mulai dari asrama haji hingga ke bandara AP II. 

Dia menambahkan, fasilitas bandara sudah siap termasuk sisi udara dan keamanan mencakup runway, taxiway, apron, baggage make up area, garbarata, hingga x-ray untuk pengecekan keamanan. Begitu juga dengan walkthrough metal detector, handheld metal detector, dan pengaturan slot time penerbangan haji.

"Penerbangan haji juga akan mendukung pemulihan sektor penerbangan secara berkelanjutan," ungkap Awaluddin. 

Sebelumnya, maskapai Garuda Indonesia memastikan kesiapannya untuk angkutan Haji 2022. Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan ada tujuh pesawat yang disiapkan untuk mengangkut jumlah jamaah Haji yah dilayani Garuda tahun ini. 

"Jumlah jamaah sekitar 50 persen (dibandingkan angkutan Haji 2019). Ini sesuai dengan kuota yang cuma dikasih 50 persen oleh pemerintah Arab Saudi," kata Irfan kepada Republika, Rabu (1/6/2022). 

Irfan mengungkapkan pada operasional penerbangan Haji 2022, Garuda Indonesia akan mengangkut sebanyak 47.915 calon jamaan Haji ke Tanah Suci. Sementara pada angkutan Haji 2019, Garuda Indonesia mengangkut 111.071 calon jamaah haji dengan menggunakan 14 pesawat dari sembilan embarkasi. 

Dia menjelaskan, sebanyak 47.915 jemaah haji tahun ini akan dibagi ke dalam 128 kelompok terbang (kloter). Calon jamaah Haji akan diberangkatkan dari sembulan embarkasi yaitu Banda Aceh, Medan, Padang, Jakarta, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Lombok. 

"Paling banyak jamaah diberangkatkan dari Jakarta," kata Irfan.

Garuda Indonesia akan mengoperasikan tujuh armada wide body. Armada tersebut terdiri dari empat pesawat B777-300ER, satu pesawat A330-300, dan dua pesawat A330-900neo.

Irfan memastikan, penerbangan calon jamaan Haji akan dilakukan mulai 4 Juni hingga 13 Agusus 2022. "Kami akan memastikan seluruh jemaah mendapatkan layanan terbaik, mulai dari sebelum penerbangan hingga tiba kembali di Tanah Air," ungkap Irfan.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini