446 Jamaah Kloter 1 Embarkasi Surabaya Telah Masuk Asrama

Jumat , 03 Jun 2022, 13:27 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Ani Nursalikah
Pekerja melakukan perawatan salah satu ruangan di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (31/5/2022). Persiapan tersebut untuk menyambut kedatangan jemaah calon haji kloter pertama embarkasi Surabaya yang direncanakan akan menempati asrama haji itu pada Jumat (3/6). 446 Jamaah Kloter 1 Embarkasi Surabaya Telah Masuk Asrama
Pekerja melakukan perawatan salah satu ruangan di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (31/5/2022). Persiapan tersebut untuk menyambut kedatangan jemaah calon haji kloter pertama embarkasi Surabaya yang direncanakan akan menempati asrama haji itu pada Jumat (3/6). 446 Jamaah Kloter 1 Embarkasi Surabaya Telah Masuk Asrama

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 446 jamaah asal Embarkasi Surabaya telah masuk Asrama Haji Sukolilo. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Surabaya Husnul Maram menyebut jamaah dalam kondisi sehat dan negatif Covid-19.

 

Terkait

"Jamaah sudah datang. Untuk kloter 1 dari Kabupaten Tuban ada 446 jamaah. Insya Allah dalam keadaan sehat walafiat, lahir dan batin," ujar dia saat dihubungi Republika, Jumat (3/6/2022).

Baca Juga

Pemeriksaan kesehatan jamaah ini disebut telah dilakukan sejak keberangkatan dari daerah masing-masing. Termasuk di dalamnya, jamaah telah melakukan tes PCR Covid-19 sebelum masuk asrama haji.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan jamaah Embarkasi Surabaya dipastikan telah melakukan vaksinasi Covid-19 lengkap, bahkan untuk booster. Vaksin meningitis pun tidak ketinggalan telah terpenuhi.

Ratusan jamaah ini akan berangkat menggunakan maskapai Saudi Arabia (Saudia) Airlines pukul 08.30 WIB melalui Bandara Juanda, Ahad (4/6/2022). Dini hari nanti atau sekitar pukul 02.00 WIB, jamaah akan diminta untuk mempersiapkan diri termasuk melakukan sholat subuh terlebih dulu sebelum berangkat ke bandara.

"Ketika sudah selesai sholat Subuh dan dipanggil menuju bus masing-masing, baru jamaah menuju Bandara. Disiapkan 10 bus untuk mengantar jamaah nanti dan satu bus sebagai cadangan," kata nya.

Untuk menghindari jamaah bertemu atau melakukan kontak dengan banyak pihak, nantinya saat berada di bus dan dinyatakan penuh, pintu bus akan langsung ditutup. Sebuah mobil juga disiapkan untuk berjaga melayani jamaah dengan kebutuhan khusus.

Iring-iringan bus jamaah haji nantinya akan dikawal oleh Polda Jawa Timur. Sesampainya di bandara, ratusan jamaah ini akan langsung masuk ke pesawat dengan tipe Boeing 747-400 berkapasitas 450 orang.

Kakanwil Husnul Maram menyebut, untuk musim haji tahun ini Embarkasi Surabaya akan memberangkatkan 16.967 jamaah dengan 38 kloter. Jamaah asal Jawa Timur sebanyak 16.087 orang, Bali 318 orang, NTT 291 orang dan Palembang 119 orang. Selain itu, jumlah petugas kloter yang berangkat dari embarkasi ini sejumlah 152 orang.

Terkahir, ia berpesan kepada jamaah haji untuk terus menjaga kesehatan, baik saat di Indonesia, selama perjalanan dan pelaksanaan ibadah haji, hingga kepulangan ke Tanah Air. Suhu yang tinggi di Saudi membuatnya mengimbau jamaah agar memperbanyak konsumsi air minum, jangan menunggu haus.

"Kepada jamaah yang akan berangkat, tetap jaga kesehatan. Perbanyak minum air putih saat berada di Makkah dan Madinah, karena suhu di sana sekitar 50 derajat celcius lebih. Kalau keluar dari maktab, itu untuk ibadah, yang lain-lain saya kira nanti saja kalau sudah selesai ibadah haji," ucap dia. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini