Ahad 05 Jun 2022 21:13 WIB

145 Calhaj Srinagar Diberangkatkan ke Saudi

Gelombang pertama calon jamaah haji dari Srinagar, Jammu dan Kashmir.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Jamaah haji Muslim Kashmir melambaikan tangan mereka saat mereka berangkat haji (ziarah ke Mekah), di Srinagar, ibukota musim panas Kashmir India, 05 Juni 2022.
Foto: EPA-EFE/FAROOQ KHAN
Jamaah haji Muslim Kashmir melambaikan tangan mereka saat mereka berangkat haji (ziarah ke Mekah), di Srinagar, ibukota musim panas Kashmir India, 05 Juni 2022.

IHRAM.CO.ID,SRINAGAR -- Gelombang pertama calon jamaah haji dari Srinagar, Jammu dan Kashmir, telah diberangkatkan dari Bandara Internasional Srinagar ke Madinah Arab Saudi pada Ahad (5/6). Total calhaj pada gelombang pertama ini sebanyak 145 orang.

Pengiriman gelombang pertama diwarnai suasana yang penuh emosional, mengingat haji digelar kembali setelah dua tahun ditunda karena pandemi Covid-19. Dilansir The Statesman, Ahad (5/6), seluruh kerabat dan teman-teman telah datang untuk mengantar calhaj di Rumah Haji di Bemina.

Baca Juga

Ada sekitar 6.000 peziarah dari wilayah persatuan Jammu dan Kashmir dan Ladakh akan terbang dari Srinagar hingga 20 Juni. Ibadah haji tahunan ke Arab Saudi telah dimulai kembali tahun ini setelah ditangguhkan selama dua tahun karena pandemi Covid.

Letnan Gubernur Manoj Sinha, yang berinteraksi dengan jamaah haji angkatan pertama, menyampaikan salam dan harapan terbaiknya kepada orang-orang yang melakukan ziarah suci itu. Pejabat di bandara mengatakan, pada 12 Juni akan ada dua penerbangan haji setiap hari.

Kemudian mulai 13 Juni dan seterusnya jumlah penerbangan harian akan ditingkatkan menjadi tiga untuk membawa peziarah dari Srinagar ke Madinah. Pihak berwenang telah membuat pengaturan untuk imigrasi, valuta asing, dan lainnya di bandara Srinagar untuk para peziarah.

Jamaah haji pertama kali mencapai Rumah Haji di mana mereka diberikan dokumen yang diperlukan sebelum mereka naik bus khusus untuk membawa mereka ke bandara Srinagar.

Para peziarah mengatakan mereka akan berdoa untuk perdamaian dan persaudaraan tradisional di antara umat Hindu, Muslim, Sikh dan orang-orang yang menganut agama lain di Kashmir. Pejabat Eksekutif Rumah Haji Abdul Salam mengatakan setiap peziarah diberikan 2.100 Riyal Saudi untuk pengeluaran mereka.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement