Senin 06 Jun 2022 12:30 WIB

Jamaah Haji Dianjurkan Minum Seperti Nabi Muhammad, Ini Manfaatnya

Minum seperti Nabi Muhammad dianjurkan bagi jamaah haji.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
 Jamaah Haji Dianjurkan Minum Seperti Nabi Muhammad, Ini Manfaatnya. Foto:  Petugas dari tim promosi kesehatan (Promkes) PPIH Arab Saudi dr Nugraheni Ratna memberikan edukasi tentang pesan kesehatan kepada jamaah haji Indonesia.
Foto: Republika/Ali Yusuf
Jamaah Haji Dianjurkan Minum Seperti Nabi Muhammad, Ini Manfaatnya. Foto: Petugas dari tim promosi kesehatan (Promkes) PPIH Arab Saudi dr Nugraheni Ratna memberikan edukasi tentang pesan kesehatan kepada jamaah haji Indonesia.

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Cara minum Nabi Muhammad SAW dengan tiga kali tegukan disosialisasikan tim promosi kesehatan (Promkes) petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) Arab Saudi bidang kesehatan. Jamaah haji perlu terus diingatkan minumlah jangan tunggu haus.

"Caranya mudah bapak Ibu. Minumlah seperti yang dianjurkan Rasulullah," kata anggota promkes dr Nugraheni Ratna Palupi saat memberikan pesan-pesan kesehatan kepada jamaah haji di ruang paviliun  Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Sabtu (4/5/2022). 

Baca Juga

Nugraheni menuturkan, jika jamaah tidak ingin beser atau sering keluar masuk kamar mandi, maka minumnya jangan langsung ditelan. Tetapi ditahan beberapa saat, lalu diminum sedikit demi sedikit sampai tiga kali teguhkan.

"Gleg satu kali, gleg dua kali, baru yang ketiga kalinya ditelan semua," saran Nurgraheni kepada ratusan jamaah.

Nugraheni mengatkan jika minum seperti cara tersebut, maka dijamin tidak akan sering keluar masuk kamar mandi untuk buang air . Akan tetapi jika minumnya langsung ditelan apalagi ketika haus maka dijamin 10-15 menit setelah minu pasti beser.

"Maka minumnya jangan menunggu haus," katanya. 

Nugraheni menegaskan, tidak terus mondar mandir ke kamar mandi sangat diperlukan ketika sudah masuk prosesi Arafah, Muzdalifah dan Mina. Di tiga tempat ini jamaah harus bisa menjaga wudhu agar tidak terus mandar-mandir ke kamar mandi untuk buang air kecil.

Sering mondar-mandir ke toilet menjadi momok yang menakutkan bagi para jamaah haji, khususnya jamaah haji lanjut usia (lansia). Masalah tersebut sesungguhnya bisa diatasi dengan mudah jika minumnya sesuai yang disunnahkan Rasulullah SAW dengan tiga kali tegukan.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement