Pemondokan untuk Jamaah Haji Setara Hotel Bintang Tiga

Senin , 06 Jun 2022, 14:17 WIB Reporter :Achmad Syalabi Ichsan/ Redaktur : Muhammad Hafil
Pemondokan untuk jamaah haji di Madinah setara hotel bintang tiga. Foto: Salah satu hotel jamaah haji
Pemondokan untuk jamaah haji di Madinah setara hotel bintang tiga. Foto: Salah satu hotel jamaah haji

IHRAM.CO.ID, Oleh Achmad Syalaby Ichsan / Wartawan Republika dari Madinah, Arab Saudi

 

Terkait

MADINAH -- Selama berada di Madinah, para jamaah RI akan mendapatkan pemondokan di wilayah markaziah yang berada paling jauh 500 meter dari Masjid Nabawi. Kepala Sektor 1 Madinah Ramlan Sudarto mengatakan, fasilitas akomodasi tersebut sudah digunakan oleh jamaah kloter pertama yang tiba Sabtu (4/6/2022).

Baca Juga

"Sejauh ini akomodasi sudah siap 100 persen. Akomodasi sudah hotel bintang tiga.Petugas kami sudah mengecek semua fasilitas yang ada di penginapan. Sudah aman semuanya sehingga diharapkan jemaah bisa menjalankan ibadahnya dengan nyaman dan khusyu selama menjalankan arbain," kata Ramran.

Sesampainya di Madinah, jamaah kloter satu ditempatkan di Tabah Tower Hotel di Sektor 1 yang berada di wilayah Syimaliyah. Hotel ini berjarak hanya sekitar 300 meter dari Masjid Nabawi. Hotel berkapasitas 1526 tempat tidur tersebut memiliki jumlah 329 kamar.

Setiap kamar akan ditempati tiga sampai lima orang jemaah tergantung tempat tidur yang tersedia. Kamar itu dilengkapi satu kamar mandi dengan sarana lengkap termasuk air panas untuk mandi. Fasilitas lainnya adalah wifi dan tempat makan para jamaah.

"Pelayanan di sini juga cukup baik sehingga jamaah bisa dengan tenang beristirahat dengan tenang. Harus diakui akomodasi memang menjadi ujung tombak keberhasilan sektor dalam memberikan pelayanan kepada jemaah," kata Ramlan.

Terkait protokol kesehatan, Ramlan mengatakan, tidak ada ketentuan khusus. Meski demikian, dia bersama petugas kesehatan pendamping jamaah akan mengedukasi soal protokol kesehatan. Dia berharap agar jamaah masih melakukan prokes seperti di Tanah Air.

Jika jamaah memerlukan bantuan bisa bertanya kepada petugas yang selalu standbye selama 24 jam di tempat akomodasi. Selain itu, ada mahasiswa yang bisa menyambungkan komunikasi bahasa antara jamaah dengan pihak hotel.

Jamaah asal Cirebon, Amelia (54 tahun) mengaku puas akan fasilitas akomodasi yang didapatkannya. Jamaah asal Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 1) ini menginap di Hotel Andalusia 3. Dalam satu kamar, dia menginap bersama tiga jamaah lainnya. Di kamarnya, Amelia bisa menikmati fasilitas air dingin dan panas, AC dan tempat tidur spring bed. "Alhamdulillah nyaman,"ujar dia.

photo

Infografis Lima Sektor Pemondokan Jamaah Haji di Makkah - (Dok Republika)

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini