Senin 06 Jun 2022 18:40 WIB

Calon Jamaah Haji Depok Diminta Waspadai Sejumlah Penyakit 

Waspada sejumlah penyakit bagi jamaah haji

Rep: Rusdi Nurdiansyah/ Red: Muhammad Hafil
 Calon Jamaah Haji Depok Diminta Waspadai Sejumlah Penyakit. Foto: Keluarga melepas keberangkatan jemaah calon haji Kloter 30 di Depok, Jawa Barat, Rabu (25/7).
Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Calon Jamaah Haji Depok Diminta Waspadai Sejumlah Penyakit. Foto: Keluarga melepas keberangkatan jemaah calon haji Kloter 30 di Depok, Jawa Barat, Rabu (25/7).

IHRAM.CO.ID,DEPOK--Terdapat beberapa penyakit yang harus diwaspadai jemaah Calon Haji (Calhaj) selama berada di Tanah Suci Makkah. Perbedaan budaya, kebiasaan dan pertemuan orang dari berbagai dunia, menjadi salah satu faktor utama.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit (RS) Hasanah Graha Afiah (HGA) Kota Depok, Yuni Anisa dalam paparannya menyebut, penyakit yang harus diwaspadai yaitu meningitis. Penyakit ini merupakan infeksi selaput otak dan sumsum tulang belakang.

Baca Juga

"Gejala awal dapat berupa mual, muntah, ruam di kulit, panas mendadak dan nyeri di kepala. Meningitis bisa ditularkan, karena orang dari berbagai dunia bertemu. Kemudian yang kedua adalah stres emosional karena beberapa faktor seperti, perbedaan budaya, hiruk pikuk manusia, aktivitas fisik, antrean panjang dan lain-lain," ujar Yunidalam di Kota Depok, Senin (6/6/2022).

Kemudian, lanjut Yuni, penyakit berikutnya adalah Covid-19. Serangan panas atau heat stroke juga menjadi salah satu momok. Yaitu gangguan kesehatan akibat paparan suhu yang tinggi. Gejalanya berupa demam tinggi, kesulitan bernapas, hingga penurunan kesadaran.

"Influenza, batuk dan pilek juga wajib dihindari, utamanya bagi mereka yang memiliki penyakit kronis seperti jantung, diabetes, sesak napas dan lain-lain. Pencegahannya, yaitu dengan vaksinasi meningitis, vaksinasi influenza dan vaksinasi pneumonia. Kemudian, cukup makan dan minum serta mampu kelola stres," jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok Mary Liziawati mengatakan, selain kegiatan manasik haji, Calhaj juga harus memperkaya ilmu dan pengetahuan dengan kegiatan seperti ini. Hal tersebut perlu dilakukan sebagai persiapan sebelum berangkat ke Tanah Suci Makkah.

"Harapannya, Calhaj siap untuk pergi ke Tanah Suci dan ibadah menjadi lebih optimal. Kembali ke tanah air lagi dengan sehat dan menjadi haji yang mabrur," tuturnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement