Bertemu Jokowi, Arab Saudi Akan Tingkatkan Kuota Haji

Selasa , 07 Jun 2022, 14:58 WIB Reporter :Dessy Suciati Saputri/ Redaktur : Muhammad Hafil
 Bertemu Jokowi, Arab Saudi Akan Tingkatkan Kuota Haji. Foto:  Penambahan Kuota Haji (Ilustrasi)
Bertemu Jokowi, Arab Saudi Akan Tingkatkan Kuota Haji. Foto: Penambahan Kuota Haji (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Faisal Bin Farhan Al Saud di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (7/6/2022). Dalam pertemuan ini, Presiden dan Menlu Arab Saudi membahas berbagai hal, salah satunya yakni pelaksanaan ibadah haji.

 

Terkait

Baca Juga

Jokowi pun menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan haji pada tahun ini setelah terhenti akibat pandemi selama dua tahun terakhir.

“Presiden mengatakan apresiasi terhadap pelaksanaan haji tahun ini setelah karena pandemi dua tahun tidak dilakukan pelaksanaan haji dan Indonesia mendapatkan kuota terbesar lebih dari 100 ribu, tepatnya adalah 100.051 orang,” kata Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi dalam keterangannya yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi berharap jumlah kuota haji dapat terus ditingkatkan seiring dengan membaiknya situasi pandemi saat ini. Menanggapi hal itu, Menlu Arab Saudi menyampaikan, otoritas Saudi akan meningkatkan kuota haji jika situasi pandemi terus mengalami perbaikan. Selain itu, otoritas Saudi juga akan terus membangun dan menyiapkan berbagai fasilitas untuk mendukung pelaksanaan haji.

“Menlu Saudi Arabia menjelaskan mengenai rencana ke depan apabila situasi membaik. Tentunya kuota haji akan ditingkatkan dan terus dibangun fasilitas-fasilitas untuk mendukung pelaksanaan haji,” ujar Retno.

Retno mengatakan, pemerintah Indonesia telah berkomunikasi dengan otoritas Saudi mengenai kondisi Covid-19 di Indonesia. Kondisi pandemi di Indonesia sendiri, kata dia, terus mendapatkan apresiasi dari dunia. Hal ini ditunjukkan dengan penyelenggaraan acara internasional di Bali.

“Saya sampaikan dalam pembicaraan saya sebelumnya dengan otoritas Saudi, antara lain bahwa baru-baru ini Indonesia di Bali menjadi tuan rumah salah satu perhelatan in person. Jadi secara fisik datang, pertemuan PBB yang dihadiri lebih dari 5 ribu orang dan alhamdulillah setelah pertemuan kita tidak mendengar ada laporan yang signifikan mengenai dampak Covidnya terhadap para peserta,” jelas Retno.

Dalam pertemuannya dengan Menlu Arab Saudi, Presiden Jokowi juga menyampaikan rencana Indonesia untuk membangun Indonesian House di Kota Makkah. Pembangunan Indonesian House ini dilakukan untuk memberikan dukungan yang maksimal kepada jamaah umrah dan haji Indonesia.

“Kita minta dukungan dari otoritas pemerintah, dari Saudi. Dan pesan ini akan disampaikan oleh Menlu Saudi kepada otoritas di Saudi Arabia,” jelas Retno.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi juga turut didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Sementara itu, Menlu Arab Saudi didampingi oleh Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Republik Indonesia Esam A. Abid Althagafi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini