Menlu: Saudi Cabut Larangan Warganya Kunjungi Indonesia

Selasa , 07 Jun 2022, 15:50 WIB Reporter :Dessy Suciati Saputri/ Redaktur : Friska Yolandha
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menyampaikan otoritas Arab Saudi telah mencabut larangan bagi warganya untuk berkunjung ke Indonesia.
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menyampaikan otoritas Arab Saudi telah mencabut larangan bagi warganya untuk berkunjung ke Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menyampaikan otoritas Arab Saudi telah mencabut larangan bagi warganya untuk berkunjung ke Indonesia. Hal ini telah dilaporkan Menlu kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta.

 

Terkait

“Saya sudah laporkan kepada bapak Presiden bahwa pagi ini otoritas Saudi Arabia telah mencabut larangan warga Saudi untuk berkunjung ke Indonesia. Jadi larangan tersebut sudah dicabut oleh otoritas di Saudi Arabia,” kata Menlu Retno dalam keterangannya yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (7/6/2022).

Baca Juga

Menurut Retno, pencabutan larangan tersebut merupakan hasil dari pembicaraan yang sudah lama antara pihak Indonesia dengan Arab Saudi. Beberapa hal yang disampaikan pemerintah Indonesia di antaranya yakni mencakup data-data mengenai kondisi Covid-19 di Indonesia yang terus mendapatkan apresiasi dari dunia.

“Saya sampaikan dalam pembicaraan saya sebelumnya dengan otoritas Saudi antara lain bahwa baru-baru ini Indonesia di Bali menjadi tuan rumah salah satu perhelatan in person. Jadi secara fisik datang pertemuan PBB yang dihadiri oleh lebih dari lima ribu orang dan alhamdulillah setelah pertemuan kita tidak mendengar ada laporan yang siginifikan mengenai dampak Covidnya terhadap para peserta,” jelas Retno.

Selain itu, PPB juga telah memberikan apresiasinya kepada Indonesia terkait upaya dalam menangani pandemi Covid-19. Selain dari PBB, apresiasi juga disampaikan oleh Perdana Menteri Australia Anthony Albanese.

“Jadi sekali lagi, kita sambut baik keputusan otoritas Saudi untuk mencabut larangan warganya untuk berkunjung ke Indonesia yang kita harapkan akan berdampak pada pariwisata dan juga kunjungan-kunjungan bisnis,” ujar dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini