Pendaftaran Haji untuk Warga Arab Saudi Ditutup Hari Ini

Senin , 13 Jun 2022, 13:30 WIB Reporter :Ratna ajeng tejomukti/ Redaktur : Muhammad Hafil
 Pendaftaran Haji untuk Warga Arab Saudi Ditutup Hari Ini. Foto:  Jamaah haji sedang wukuf di Arafah (Ilustrasi)
Pendaftaran Haji untuk Warga Arab Saudi Ditutup Hari Ini. Foto: Jamaah haji sedang wukuf di Arafah (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Kementerian Haji dan Umrah Saudi telah menutup pendaftaran jamaah haji domestik untuk musim haji tahun ini dan nama-nama akan diumumkan hari ini setelah seleksi.

 

Terkait

Dilansir di arabnews.com juru bicara resmi kementerian Hesham Saeed menjelaskan jumlah pendaftar haji dari dalam Arab Saudi telah mencapai lebih dari 390 ribu. 

Baca Juga

"Seleksi calon jamaah haji akan dilakukan melalui sistem e-pengundian dengan prioritas bagi mereka yang belum pernah menunaikan ibadah haji sebelumnya. Proses Seleksi akan mulai dengan nominator dari jamaah haji yang memenuhi persyaratan yang telah diumumkan sebelumnya oleh kementerian,” kata Saeed yang juga asisten wakil menteri haji dan umrah.

Jamaah yang berhasil dalam permintaan mereka akan menerima konfirmasi melalui pesan teks pada perangkat terdaftar mereka yang mengatakan bahwa mereka telah dipilih untuk melakukan haji, rukun Islam kelima.

“Jamaah terpilih akan diberikan waktu 48 jam untuk menyelesaikan pembayaran biaya paket yang dipilih, setelah itu akan dikeluarkan izin haji untuk mereka,” kata dia.

Kementerian juga telah memangkas harga untuk tiga paket perhotelan untuk musim haji tahun ini.

Paket “Al-Abraj” sekarang berharga 13.970.75 riyal saudi (3.716,33 dollar AS) atau Rp 54.449.065,73 per peziarah, paket “Developed tents” adalah 11.970,35 riyal Saudi atau Rp 46.762.354,80 per jamaah dan paket  "Undeveloped Tents" berharga 9.098,8 riyal Saudi atau Rp 35.544.600,94 per jamaah. Semua harga tidak termasuk pajak pertambahan nilai dan tidak termasuk transportasi darat atau udara ke dan dari Mekah.

Pendaftaran jamaah haji domestik dibuka pada awal Juni melalui aplikasi Eatmarna dan melalui website kementerian. Kementerian menetapkan bahwa mereka yang ingin mendaftar haji, baik penduduk atau warga negara, tidak boleh melebihi 65 tahun, dan menunjukkan imunisasi lengkap dalam aplikasi Tawakkalna.

Sebelumnya, kementerian mengkonfirmasi bahwa jamaah haji dari Eropa, Amerika Utara dan Australia juga dapat mendaftar secara elektronik untuk haji tahun ini.

Jamaah haji dari negara-negara tersebut dapat mendaftarkan data mereka dan menyerahkan dokumen resmi mereka, termasuk paspor dan surat-surat vaksinasi yang diperlukan untuk Covid-19. Mereka kemudian juga dimasukkan ke dalam proses undian untuk paket yang sesuai, dan jika berhasil, harus menyelesaikan proses pembayaran online. Setelah itu, permintaan dikirim ke Kementerian Luar Negeri untuk menerbitkan visa dengan berkonsultasi dengan pusat informasi kementerian.

Kementerian mengatakan bahwa orang harus berkomunikasi dengan menulis ke care@Hajj.gov.sa , dengan menelepon 920002814, atau dengan menggunakan akun resmi di Twitter.

Waktu kemungkinan untuk haji tahun ini akan berlangsung di pekan pertama atau kedua bulan Juli, dengan hari terakhir akan dikonfirmasi setelah penampakan bulan baru Zulhijjah.

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2101976/saudi-arabia

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini