Rabu 15 Jun 2022 05:25 WIB

Cegah Covid-19, Arab Saudi Cegah Unta Masuki Tempat Suci Selama Musim Haji

Pos pemeriksaan didirikan di pintu masuk Makkah cegah masuknya kawanan hewan.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Cegah Covid-19, Arab Saudi Cegah Unta Masuki Tempat Suci Selama Musim Haji
Foto: AP/Jon Gambrell
Cegah Covid-19, Arab Saudi Cegah Unta Masuki Tempat Suci Selama Musim Haji

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Kementerian Lingkungan Hidup, Air dan Pertanian Arab Saudi (MEWA) mulai menerapkan langkah-langkah untuk mencegah unta memasuki tempat-tempat suci selama musim haji, sebagai bagian dari tindakan pencegahan yang diambil oleh pihak berwenang untuk menghadapi Covid-19.

 

Baca Juga

Dilansir Saudi Gazette, Senin (13/6/2022) Direktur cabang MEWA di wilayah Makkah Saeed Al-Ghamdi mengatakan keputusan itu diambil untuk mencegah kemungkinan penyebaran virus dari hewan ke manusia. Ia mengatakan MEWA telah menyiapkan rencana haji dan mengikuti implementasinya.

“Ini termasuk menyediakan kader dokter hewan khusus yang bekerja sepanjang waktu untuk memeriksa domba yang datang melalui Pelabuhan Islam Jeddah, dan untuk memastikan keselamatan mereka dengan pemeriksaan visual dan laboratorium,” katanya.

 

Sebagai bagian dari rencana, pos pemeriksaan didirikan di pintu masuk Makkah untuk mencegah masuknya kawanan domba sebelum memverifikasi sumber dan status kesehatan mereka. Al-Ghamdi mengatakan tujuh tim khusus telah ditugaskan di berbagai tujuan ibu kota suci, termasuk Al-Kaakiyah, Shumaisi, Al-Qadim, Al-Nawwariya, Al-Hada, Ja'arana, dan Al-Husseiniya. Empat tim dokter hewan lapangan juga telah dikerahkan untuk pasar ternak, serta untuk layanan darurat dan dukungan.

Sebuah lokakarya juga dilakukan oleh MEWA di Makkah untuk memberikan pelatihan khusus bagi tim dokter hewan haji. Tujuannya menjelaskan penyakit bakteri dan virus yang paling diharapkan, dan metode pengumpulan dan pengawetan sampel. Lokakarya membantu meningkatkan tingkat efisiensi dan kesiapan individu yang berpartisipasi.

 

Ind. Al-Ghamdi mendesak semua staf kementerian terkait yang ditugaskan untuk musim haji tahun ini untuk melipat gandakan upaya mereka dan meningkatkan tingkat kesiapan untuk melayani para peziarah. Dia juga menekankan pentingnya peran vital dan berkelanjutan yang dimainkan oleh MEWA, dan keinginannya untuk menyediakan semua layanan dengan cara yang memenuhi kebutuhan para peziarah dan pengunjung ke tempat-tempat suci.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement