Selasa 14 Jun 2022 21:16 WIB

25.929 Calhaj Telah Diberangkatkan ke Tanah Suci

Sebanyak 25.929 calon haji Indonesia telah diberangkatkan ke Tanah Suci

Jamaah haji Indonesia gelombang pertama mulai melaksanakan umrah di Masjidil Haram, Makkah, Senin (13/6).
Foto: dok. istimewa
Jamaah haji Indonesia gelombang pertama mulai melaksanakan umrah di Masjidil Haram, Makkah, Senin (13/6).

IHRAM.CO.ID, JKARTA -- Kementerian Agama menyatakan sebanyak 25.929 calon haji Indonesia telah diberangkatkan ke Tanah Suci hingga hari kesepuluh operasional penyelenggaraan ibadah haji 1443 Hijriah/2022 Masehi."Untuk hari ini, akan diberangkatkan 2.809 calon haji yang tersebar di tujuh kelompok terbang (kloter) dari lima embarkasi," kata Jubir Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Akhmad Fauzin saat memberikan keterangan pers di Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Ia merinci lima embarkasi itu, yakni masing-masing dua kloter dari Embarkasi Jakarta-Pondok Gede atau JKG (786 orang) dan Jakarta-Bekasi atau JKS (820 orang). Lalu satu kloter berangkat dari Embarkasi Banjarmasin atau BDJ (360 orang), Medan atau MES (393), dan Surabaya atau SUB (450).Selain itu, sebanyak 3.154 calon haji Indonesia atau delapan kloter telah tiba di Mekkah dari Madinah dalam dua hari fase pemberangkatan.

Baca Juga

Jamaah yang diberangkatkan pada gelombang pertama akan berada di Mekkah sampai puncak haji (Arafah-Muzdalifah-Mina), kemudian kembali ke Tanah Air.Sampai hari ini dilaporkan sebanyak 49 calon haji sakit dengan rincian 43 orang harus menjalani rawat jalan dan enam orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah.

"Jamaah wafat bertambah satu orang atas nama Bawuk Karso Samirun, perempuan, 58 tahun, nomor paspor C636 8711, kloter SUB4 asal Embarkasi Surabaya. Sehingga, total ada tiga calon haji Indonesia yang wafat," kata dia.

 

Sebelumnya, hotel jamaah di Mekkah terbagi dalam lima wilayah, yakni Misfalah (jarak dari Masjidil Haram sekitar dua km), Mahbas Jin (2 km), Jarwal (850 m), Raudhah (3,5 km), dan Syisyah (4 km)."Setiap akomodasi tersedia fasilitas kamar tidur dengan kamar mandi di dalam, ruang makan, mushala, mesin cuci dan tempat menjemur pakaian," ujar dia.

Fauzin mengatakan kualitas layanan akomodasi jamaah calon haji Indonesia setara dengan hotel bintang 3. Petugas kebersihan dan petugas keamanan akomodasi akan siap sedia. Jamaah juga akan mendapatkan air zamzam dan air mineral satu liter per orang setiap hari.

Kemenag mengimbau jamaah agar dapat menjaga kebersihan kamar dan ruangan lainnya, membuang sampah pada tempatnya, tidak memasak di dalam kamar, tidak merokok di kamar tidur, dan tidak membuat jemuran di kamar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement