Tips Cegah Covid-19 dan Batuk bagi Jamaah Haji

Jumat , 17 Jun 2022, 15:16 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
Tips Cegah Covid-19 dan Batuk bagi Jamaah Haji. Foto: dr Andi Yanti spesialis paru, PPIH Arab Saudi, mengingatkan jamaah tetap mekai masker dengan baik.
Tips Cegah Covid-19 dan Batuk bagi Jamaah Haji. Foto: dr Andi Yanti spesialis paru, PPIH Arab Saudi, mengingatkan jamaah tetap mekai masker dengan baik.

IHRAM.CO.ID,MADINAH--Jamaah haji disarankan mengenali bagaimana gajala Covid-19 yang terjadi pada diri jamaah sendiri. Mengenali gejala Covid-19 secara mandiri ini penting demi mendapatkan penanganan yang lebih baik.

 

Terkait

"Tips lainnya adalah dengan mengenali gejala infeksi covid-19 sendiri," kata dr Andi Yanti spesialis paru, PPIH Arab Saudi kepada Republika, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga

Andi menyampaikan, di antara gejala infeksi covid-19 adalah gejala infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) seperti demam, batuk, nyeri tenggorokan, hilang penciuman, sesak napas dan lain-lain. 

Jika ini mengenai jamaah haji, segera istirahat dan menghubungi dokter untuk berobat.

Andi mengatakan, demi terhindar dari paparan Covid-19, jamaah perlu memiliki daya tahan tubuh yang kuat untuk melawan virus covid-19 sendiri. Jamaah harus melihat kondisi kesehatan masing- masing dalam menjalankan ibadah.

"Terutama yang memiliki komorbid," katanya.

photo

Tetap bermasker: Jamaah haji Indonesia gelombang 1 usai menunaikan ibadah sholat Zuhur berjamaah di Masjid Nabawi, Selasa (14/6). Jamaah tetap mengenakan masker demi mencegah penularan virus Covid-19 meski tidak ada kewajiban dari pihak Arab Saudi untuk bermasker selama menjalankan ibadah. - (Republika/Syalabi)

 

Andi menyarankan, jamaah tidak memaksakan diri untuk keras menjalankan ibadah selama di tanah suci. Hal ini penting demi menjaga kesehatan menjelang arafah, mudzalifah dan mina (Armuzna). 

"Jangan dipaksakan untuk menghindari kelelahan," katanya.

Jamaah harus senantiasa istirahat yang cukup, makan-makanan yang bergizi, jangan lupa makan buah dan jika diperlukan minum vitamin. Dan yang paling penting sesering mungkin minum air putih terkecuali yang memiliki penyakit tertentu seperti jantung.

"Jadi jamaah minum jangan tunggu haus," katanya.