Kemenag Kota Salatiga Ingatkan Pemahaman Manasik dan Kesehatan Calon Jamaah

Jumat , 17 Jun 2022, 13:56 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Latihan manasik haji (ilustrasi).
Latihan manasik haji (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, SALATIGA—Pemahaman calon jamaah terkait dengan tatalaksana ibadah haji akan menentukan kelancaran proses dan pelaksanaan ibadah haji selama berada di tanah suci.

 

Terkait

Untuk itu, para calon jamaah hai asal Kota Salatiga diharapkan terus memahami dan mendalami materi manasik haji yang sudah dilaksanakan sebelum hari pemberangkatan nanti.

Baca Juga

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Salatiga, Taufiqur Rahman mengatakan, sebanyak 90 rombongan calon tamu Allah asal Kota Salatiga bakal diberangkatkan pada 28 Juni 2022 nanti.

Jumlah tersebut terdiri atas 88 calon jamaah haji yang telah melakukan pelunasan, satu orang calon jamaah mutasi serta satu orang Petugas Haji Daerah ( PHD). Seluruh rombongan calon jamaah haji asal Kota salatiga ini akan tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 37 Embarkasi Solo (SOC).

“Mumpung masih ada waktu, kami mengimbau para calon jamaah haji Kota Salatiga terus mendalami manasik haji, agar perjalanan hajinya lancar dan ibadahnya sempurna,” katanya, Jumat (17/6/2022).

Taufiq juga menjelaskan, para calon jamaah haji Kota Saltiga telah mendapatkan bimbingan manasik haji tingkat Kota Salatiga pada 27 – 28 Mei 2022 lalu, yang dilaksanakan di pondok pesantren (ponpes) Agro Nur El Falah.

Berikutnya bimbingan manasik di tingkat kecamatan yang melibatkan Kepala KUA Kecamatan se- Kota Salatiga selama empat kali Kegiatan, yang berlangsung pada 29 – 31 Mei 2022 di Aula Kecamatan Tingkir.

Termasuk kegiatan praktik manasik haji dan umrah di Ponpes Agro Nur El Falah pada Rabu (1/6) lalu. “Melalui rangkaian kegiatan bimbingan manasik ini, para jamaah diharapkan memiliki bekal ilmu yang cukup untuk nantinya melaksanakan ibadah di tanah suci,” jelasnya.

Hal yang cukup penting bagi para calon jamaah haji asal Kota salatiga, masih kata Taufiq adalah terus menjaga kondisi fisik dan kesehatannya. “Insya Allah, dengan bekal pemahaman manasik sera kondisi fisik yang baik, akan sangat menunjang kelancaran para calon jamaah haji Kota Salatiga nanti,” tegasnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini