Jumat 17 Jun 2022 16:16 WIB

Dua Pesepeda Gorontolo Gowes ke Tanah Suci, Kini Tiba di Oman

Sesampainya di Oman, mereka disambut oleh Dubes RI di Muscat.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Masjid Agung Sultan Qaboos, Muscat, Oman
Foto: Republika/Nur Hasan Murtiaji
Masjid Agung Sultan Qaboos, Muscat, Oman

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Peribahasa “Banyak jalan menuju Roma” merupakan hal yang sering didengar dalam kehidupan. Tampaknya, pepatah ini pula yang menjadi motivasi bagi Andi Harvin dan Chairul Ma’atini, yang berupaya menempuh cara lain untuk menunaikan ibadah haji.

Dua pemuda asal Gorontalo yang merupakan kader muda Wahdah Islamiyah ini sejak Juni 2021 memutuskan pergi ke Tanah Suci menggunakan sepeda. Mereka telah mengayuh sepeda hingga melewati sejumlah negara, demi mewujudkan mimpinya.

Baca Juga

Pada pertengahan Juni 2022, kedua pemuda tersebut diinformasikan telah sampai ke Oman. “Saat ini kami masih di Oman. Sementara perjalanan ke negara selanjutnya UAE,” ujar Andi, dalam keterangan yang didapat Republika, Jumat (17/6/2022).

Sesampainya di Oman, mereka disambut oleh Dubes RI di Muscat. Mereka juga dijamu oleh komunitas pemuda yang ada di Oman.

Tak hanya itu, Andi juga menyebut komunitas sepeda asli Oman memberikan bantuan dengan melakukan servis sepeda lengkap, sebelum nantinya melanjutkan perjalanan.

Sementara diungkapkan Chairul, selama perjalanan bersama Andi tentu dijumpai aral rintangan. Seperti saat mereka hendak memasuki wilayah Singapura melalui Batam. Mereka harus tertahan hingga berminggu-minggu karena aturan ketat terkait protokol kesehatan Covid-19. 

“Awalnya kami targetkan masuk Thailand pada Januari 2022, tetapi meleset hingga bulan Mei 2022,” kata dia.

Mereka berdua berharap bisa tiba ke Tanah Suci beberapa saat sebelum pelaksaan ibadah haji. Chairul pun meminta doa dari masyarakat Indonesia, semoga perjalanan mereka lancar dan tiba di Saudi sebelum waktu haji

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement