Sabtu 18 Jun 2022 06:02 WIB

Wali Kota Semarang Beri Motivasi Jamaah Haji   

Jamaah haji Kota Semarang mendapatkan motivasi dari wali kota.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Hafil
 Wali Kota Semarang Beri Motivasi  Jamaah Haji.  Foto: Ilustrasi haji
Foto: Reuters
Wali Kota Semarang Beri Motivasi  Jamaah Haji. Foto: Ilustrasi haji

IHRAM.CO.ID, SEMARANG -- Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi memiliki kiat tersendiri untuk memotivasi kesiapan mental maupun spiritual ratusan calon jamaah haji asal daerahnya, yang diberangkatkan menuju tanah suci pada musim ibadah haji tahun 2022 ini.

Orang nomor satu di Kota Semarang ini pun turut membagikan pengalamannya, saat melepas keberangkatan gelombang pertama calon tamu Allah asal Kota Semarang.

Baca Juga

“Yang paling utama adalah para calon jamaah harus meneguhkan niat untuk menunaikan Rukun Islam yang ke-lima ini,” ungkap Hendrar Prihadi, di Islamic Center Semarang, Kota Semarang, Kamis (16/6/2022) kemarin.  

Menurut wali kota, keutamaan niat ini menjadi penting bagi para calon jamaah haji asal Kota Semarang agar rangkaian proses ibadah haji yang akan Mereka laksanakan di tanah suci dapat berjalan dengan baik dan diberikan kelancaran.

Dengan niat untuk beribadah haji, lanjutnya, para jamaah akan akan semakin mudah untuk membersihkan hati, pikiran hingga perbuatan yang dapat mengganggu aktivitas ibadah selama berada di tanah suci.

“Menurut pengalaman saya, jamaah haji adalah ‘tamu’ di ‘rumah’ Gusti Allah yang suci. Maka hati, pikiran, perbuatan dan semuanya juga harus dalam keadaan suci dan niatkan untuk beribadah,” jelasnya.

Maka, lanjut Hedrar Prihadi, tidak perlu membicarakan orang lain dan memikirkan banyak hal yang memang tidak perlu, kecuali harus tetap fokus dalam rangka untuk menunaikan ibadah hajinya.

Demikian halnya, untuk menghindari hal- hal yang tidak diinginkan --pada saat beribadah haji di tanah suci--  kuncinya adalah semua diniatkan karena ibadah.

“Insyaa Allah jika semua itu bisa panjenengan lakukan, sehingga ibadah hajinya akan selalu diberi kelancaran, diberi berkah oleh Allah SWT dan kelak menjadi haji yang mabrur,” tegas wali kota.

Seperti diketahui, calon jamaah haji asal Kota Semarang dan Petugas Haji Daerah (PHD) yang berangkat ke tanah suci pada musim ibadah haji tahun ini sebanyak 958 orang yang terbagi dalam tiga kelompok terbang (kloter).

Masing- masing kloter 16 sebanyak 347 orang jamaah haji dan satu orang PHD yang diberangkatkan pada 14 Juni 2022. Selanjutnya kloter 17 dengan jumlah 354 orang Jamaah haji dan dua orang  PHD.

Sedangkan kloter terakhir (kloter 22) jamaah haji asal Kota Semarang bakal diberangkatkan pada 18 Juni 2022, kloter 22 dengan jumlah 254 orang jamaah.

Berdesa dengan pemberangkatan calon jamaah haji sebelum masa pandemi, pada pemberangkatan ibadah haji tahun ini ada persyaratan yang lebih rumit –misalnya—pembatasan usia 65 tahun.

Sehinga kuota jamaah haji Kota Semarang semulan mencapai 2.200 hingga 2.700 orang jmaaah, pada musim haji kali ini kuotanya hanya menjadi 958 orang jamaah.

Pun demikian pada awal tahun 2020, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang juga sudah memutuskan Tim PHD yang akan berangkat haji di tahun 2020 sekitar 20 orang. Namun pada tahun ini hanya empat orang PHD.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement