Kemenag Jambi Imbau Calon Jamaah Haji Jaga Kesehatan Jelang Berangkat

Selasa , 21 Jun 2022, 01:55 WIB Redaktur : Ani Nursalikah
Asrama Haji Jambi. Kemenag Jambi Imbau Calon Jamaah Haji Jaga Kesehatan Jelang Berangkat
Asrama Haji Jambi. Kemenag Jambi Imbau Calon Jamaah Haji Jaga Kesehatan Jelang Berangkat

IHRAM.CO.ID, JAMBI -- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi mengimbau seluruh calon jamaah haji dapat menjaga kesehatan menjelang keberangkatan menuju Arab Saudi.

 

Terkait

"Kepada calon jamaah haji diimbau menjaga kesehatan fisik dan mengurangi aktivitas ke luar rumah," kata Kepala Sub Koordinasi Bina Haji Reguler Kemenag Provinsi Jambi Muhamad Bafadol, Senin (20/6/2022).

Baca Juga

Ia menjelaskan kondisi fisik yang sehat memudahkan proses keberangkatan jamaah calon haji menuju Arab Saudi. Calon jamaah haji asal Provinsi Jambi mulai memasuki asrama haji pada 24 Juni 2022.

Selanjutnya dari asrama haji mereka menuju Batam dan melanjutkan perjalanan ke Makkah, Arab Saudi. "Dari Jambi menuju Batam calon jamaah haji menggunakan maskapai Lion Air," kata Muhammad Bafadol.

Di Bandara Sultan Thaha Jambi, calon jamaah haji disiapkan pintu keberangkatan jalur khusus. Jalur khusus tersebut disiapkan pihak bandara untuk mempermudah administrasi mereka saat memasuki pesawat.

Pada tahun ini, calon jamaah haji juga dilengkapi berbagai fasilitas untuk memudahkan mereka menjalankan ibadah haji, salah satunya kartu identitas calon haji yang dilengkapi dengan barcode. Kartu identitas tersebut diberikan saat calon haji memasuki embarkasi antara Provinsi Jambi di asrama haji.

"Kartu identitas diberikan saat calon jamaah haji tiba di asrama haji, akan ada pelayanan terpadu, mulai dari pemeriksaan kesehatan, pemberian living cost (biaya hidup), gelang identitas dan kartu identitas," kata dia.

Kartu identitas tersebut berguna untuk memudahkan pemberian layanan kepada calon haji, mulai dari keberangkatan sampai tiba di Arab Saudi. Selain itu, barcode yang tertera di kartu identitas tersebut terkoneksi dengan aplikasi Haji Pintar.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini