Lelah Abustan Suddin Tempuh Bone-Mekkah Terhapus saat Melihat Kakbah

Selasa , 21 Jun 2022, 12:12 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Kabah (ilustrasi)
Kabah (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Abustan Suddin, calon haji Embarkasi Ujung Pandang (UPG 3) membutuhkan waktu sekitar 54 jam dari kampung halamannya di Kecamatan Bengo Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan hingga sampai ke Mekkah untuk menunaikan haji.

 

Terkait

Ditemui di Mekkah, Senin (21/6/2022), Abustin bersama istri Yusriati Pale bersiap untuk melaksanakan umrah wajib ke Masjidil Haram."Sebenarnya kita lelah tapi tentunya akan terhapus melihat Masjidil Haram melihat Kakbah, juga tawaf. sepertinya rasa lelah itu hilang, tidak sabar lagi untuk ke sana," kata Abustan.

Baca Juga

Bapak tiga anak itu meninggalkan rumahnya pada Sabtu (18/6) pukul 06.00 Waktu Indonesia Bagian Tengah (Wita) menempuh waktu sekitar 1,5 jam ke Watampone, ibukota Kabupaten Bone.Setiba di Watampone ia menanti untuk diberangkatkan ke Makassar, ibukota Provinsi Sulawesi Selatan.

Butuh waktu sekitar lima jam lebih mulai dari berangkat pukul 12.00.Baru sekitar pukul 19.00 Wita, pasangan suami istri dan rombongan jamaah calonhaji dari daerah yang sama masuk ke asrama haji di Makassar dan bermalam disana.Esok harinya, Ahad (19/6) sekira pukul 19.00 Wita, rombongan calon haji kloter 3 tersebut diterbangkan dari Bandara Sultan Hasanuddin untuk terbang ke Jeddah.

Pesawat yang ditumpangi jamaah calon haji sempat singgah di Bandara Kualanamu Medan untuk mengisi bahan bakar sebelum mendarat di Jeddah Senin dini hari.Melewati berbagai proses imigrasi dan menempuh perjalanan dari Jeddah ke pemondokan di Mekkah sekitar satu jam, rombongan baru tiba sekitar pukul 07.30 Waktu Arab Saudi (WAS) yang empat jam lebih lambat dari waktu di Tanah Air.

Pria berprofesi tani itu tidak muluk dalam menjaga kesehatan agar tetap bugar meski menempuh perjalanan panjang.Ia mengikuti saran dokter agar rajin minum vitamin dan tidak lupa juga banyak minum air putih. Namun yang utama menurut dia adalah tak lupa memanjatkan doa kepada Allah SWT agar selalu diberikan kesehatan.

"Mudah+mudahan saya bersama istri diberi kesehatan supaya bisa melaksanakan ibadah dengan baik sampai pulang ke Tanah Air. Begitu juga dengan keluarga di kampung halaman semua sehat-sehat dan doakan kami di sini," katanya.