Selasa 21 Jun 2022 22:00 WIB

Usai Jalani Perawatan, Calhaj Kalbar Diberangkatkan ke Tanah Suci

Usai jalani perawatan calon haji Kalbar diberangkatkan ke Tanah Suci.

Kesehatan haji (ilustrasi)
Foto: Muhammad Hafil/Republika
Kesehatan haji (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Seorang calon haji asal Provinsi Kalimantan Barat atas nama Mursinah Abdul Murad (64) sudah diberangkatkan ke Tanah Suci usai menjalani perawat medis di Rumah Sakit Badan Pengusahaan (BP) Batam, Selasa (21/6/2022).

Mursinah semestinya diberangkatkan bersama kloter 2 Embarkasi Hang Nadim Batam pada 16 Juni 2022, namun karena mengidap sakit anemia, maka keberangkatannya ke Tanah Suci ditunda."Kami dari tim kesehatan melaporkan bahwa ibu Mursinah sekarang kondisinya sudah sehat, sudah laik terbang. Sebelumnya ibu Mursinah kemarin tertunda, tapi sekarang ibu Mursinah akan mengikuti kloter enam dan beliau akan di kloter enam terus sampai kembali lagi ke Indonesia," kata Koordinator Seksi Kesehatan Jamaah PPIH Embarkasi Hang Nadim Batam dr. Yenny di Batam.

Baca Juga

Yenny menjelaskan, sebelum Mursinah dinyatakan laik terbang, calon haji asal Kalbar tersebut telah dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis penyakit dalam di RSBP, kemudian dinyatakan sembuh dan kembali ke asrama haji Embarkasi Hang Nadim Batam pada Sabtu (18/6).

"Jadi begini, kalau calon haji tidak memenuhi syarat layak terbang, kami akan melakukan pemeriksaan dulu di klinik, terus pemeriksaan itu ternyata memerlukan pemeriksaan lanjutan, maka kami rujuk ke RS," ujarnya.

Nanti dokter spesialis yang memeriksa, dokter spesialis juga yang merekomendasikan dia boleh pulang dan sudah sehat."Kami yang menyatakan layak terbang, kalau dokter menyatakan dia sudah baik, HB nya bagus, dan nanti kami berikan layak terbang, layak terbangnya tetap dari embarkasi," ujar dia.

Sementara itu, calon haji Kalbar atas nama Anshari Kusairi (59) yang mengidap sakit diabetes melitus memilih untuk menunda keberangkatannya ke Tanah Suci, dan melanjutkan pengobatan di daerah asalnya."Pak Anshari sudah kembali ke Kalbar, dan beliau sendiri yang memilih untuk kembali ke Kalbar, untuk lanjut perawatan disana. Tadi pagi kami antar ke bandara, langsung pulang ke Kalbar," kata dr. Yenny.

Mursinah yang didampingi oleh suaminya dalam keberangkatan haji tahun ini tergabung dalam kloter enam Embarkasi Hang Nadim Batam yang merupakan JCH asal Pekanbaru Riau.Mereka akan mengikuti kloter enam hingga akhirnya kembali ke Tanah Air pada tanggal 2 Agustus 2022.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement