Kemenag Mataram Ingatkan Jamaah Haji Atur Aktivitas Ibadah

Rabu , 22 Jun 2022, 15:36 WIB Redaktur : Ani Nursalikah
Jamaah haji Indonesia gelombang pertama mulai melaksanakan umrah di Masjidil Haram, Makkah, Senin (13/6). Kemenag Mataram Ingatkan Jamaah Haji Atur Aktivitas Ibadah
Jamaah haji Indonesia gelombang pertama mulai melaksanakan umrah di Masjidil Haram, Makkah, Senin (13/6). Kemenag Mataram Ingatkan Jamaah Haji Atur Aktivitas Ibadah

IHRAM.CO.ID, MATARAM -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat mengingatkan jamaah mengatur aktivitas ibadah agar tubuh tetap sehat dan bugar pada saat melaksanakan prosesi ibadah haji di Tanah Suci Makkah.

 

Terkait

Kepala Kantor Kemenag Kota Mataram Muhammad Amin mengatakan para ketua rombongan dan kelompok terbang sudah diminta mengingatkan jamaah agar tidak berlebihan dalam melakukan ibadah sunnah selama di Tanah Suci.

Baca Juga

"Apalagi informasinya cuaca di sana cukup panas hingga mencapai 46 derajat Celsius. Takutnya kita nanti jamaah terkendala saat melaksanakan rukun dan wajib haji," katanya, Rabu (22/6/2022).

Amin menyarankan setiap anggota jamaah haji mengatur kegiatan ibadah sesuai dengan kondisi kesehatan masing-masing. Sebanyak 389 calon haji asal Kota Mataram diberangkatkan ke Arab Saudi pada Senin (20/6/2022) pukul 08.55 WITA dan sampai di Kota Makkah pukul 14.50 waktu Arab Saudi atau sekitar pukul 19.00 WITA.

Setelah sampai, jamaah asal Mataram langsung melaksanakan ibadah umroh wajib. "Sekarang, jamaah sedang melaksanakan ibadah-ibadah sunnah dan sholat wajib di Masjidil Haram. Ada juga yang pergi mengambil miqat untuk melaksanakan umroh lagi," kata Amin.

Ia mengatakan menurut laporan petugas kelompok terbang, secara umum semua anggota jamaah asal Kota Mataram dalam kondisi sehat. "Petugas kesehatan, petugas kloter, dan ketua rombongan tetap aktif memantau kondisi kesehatan jamaah agar jamaah bisa melaksanakan ibadah haji dengan maksimal," katanya.

Amin mengatakan lima anggota jamaah yang menggunakan kursi roda dan tidak didampingi oleh keluarga akan mendapat bantuan dari petugas pada pelaksanaan prosesi ibadah haji.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini