Rabu 22 Jun 2022 23:35 WIB

Sebanyak 6.552 Galon Air Zamzam Tiba di Asrama Haji Surabaya

Galon air zamzam 5 liter diperuntukkan untuk jamaah haji

Keemas air zamzam sekali pakai untuk jamaah haji 2020. Galon air zamzam 5 liter diperuntukkan untuk jamaah haji
Foto: saudigazette
Keemas air zamzam sekali pakai untuk jamaah haji 2020. Galon air zamzam 5 liter diperuntukkan untuk jamaah haji

IHRAM.CO.ID, SURABAYA— Sebanyak 6.552 galon air zamzam kemasan lima liter yang diperuntukkan bagi jamaah haji telah tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

"Air zamzam diperuntukkan bagi seluruh jamaah haji secara cuma-cuma dan per orang mendapat lima liter," ujar Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya Husnul Maram di Surabaya, Rabu (22/6/2022).

Baca Juga

Kedatangan air zamzam dibagi dua tahap, yakni pertama pada Senin (20/6) sebanyak 3.276 kemasan yang dibawa dari Bandara Internasional Juanda menggunakan dua armada truk boks.

Sedangkan, pada hari kedua, Selasa (21/6) juga dua truk boks kembali mengangkut 3.276 kemasan air zamzam menuju Gedung Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

Husnul Maram yang juga Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur mengimbau kepada para jamaah haji saat pulang ke Tanah Air tidak lagi membawa air zamzam dari Arab Saudi karena akan ada pemeriksaan barang bawaan ketika berada di bandara setempat.

"Jamaah sudah tidak perlu membawa air zamzam dari sana, sebab akan ada pemeriksaan barang bawaan di Arab Saudi. Pesawat tidak akan terbang kalau diindikasikan masih ada air zamzam di koper besar maupun tentengan," ucapnya.

Dia menambahkan, air zamzam akan datang sesuai jadwal hingga jumlahnya terpenuhi sesuai dengan jumlah jamaah haji Embarkasi Surabaya.

Husnul Maram memastikan ketika proses pemberangkatan jamaah haji Embarkasi Surabaya selesai maka jumlah air zamzam yang harus terpenuhi juga sudah tercapai.

"Insya Allah ketika pemberangkatan kloter ini selesai, jumlah air zamzam yang masuk Asrama Haji sudah terpenuhi semua. Semua jamaah pasti dapat dan jangan khawatir kekurangan," tutur dia.

Sementara itu, PPIH Embarkasi Surabaya menginformasikan pemberangkatan kelompok terbang (kloter) dilakukan hingga 2 Juli 2022. Berdasarkan data dari Kemenag Jatim untuk Embarkasi Surabaya tahun ini ada 16.967 orang jamaah haji yang dilayani dan terbagi dalam 38 kloter.

Rinciannya, dari Jawa Timur sebanyak 16.087 orang, Provinsi Bali 318 orang, Provinsi Nusa Tenggara Timur 291 orang, Palembang 119 orang, serta petugas kloter 152 orang.   

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement