Jamaah Diminta tak Buka Ponsel Saat Menyeberang di Mahbas Jin

Jumat , 24 Jun 2022, 19:35 WIB Reporter :Achmad Syalaby Ichsan/ Redaktur : Ani Nursalikah
Jamaah haji Indonesia menyeberang jalan raya dipandu oleh petugas haji di Jalan Taqwa, Misfalah, Makkah, Senin (29/7).  PPIH Arab Saudi menginstruksikan agar petugas haji untuk membantu jamaah yang ingin menyebrang jalan karena adanya perbedaan budaya lalu lintas Indonesia dan Arab Saudi. Jamaah Diminta tak Buka Ponsel Saat Menyeberang di Mahbas Jin
Jamaah haji Indonesia menyeberang jalan raya dipandu oleh petugas haji di Jalan Taqwa, Misfalah, Makkah, Senin (29/7). PPIH Arab Saudi menginstruksikan agar petugas haji untuk membantu jamaah yang ingin menyebrang jalan karena adanya perbedaan budaya lalu lintas Indonesia dan Arab Saudi. Jamaah Diminta tak Buka Ponsel Saat Menyeberang di Mahbas Jin

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Salah satu yang menjadi fokus perhatian para petugas haji adalah jalur penyeberangan di Mahbas Jin, Makkah, Arab Saudi. Di jalur ini, jamaah harus menyeberangi jalan raya karena terowongan penyeberangan bagi pejalan kaki masih belum selesai dibangun.

 

Terkait

Petugas Transportasi Daker Makkah PPIH Arab Saudi Mashuri Masyhuda menjelaskan, jamaah sebaiknya tidak membuka ponsel atau membalas pesan Whatsapp saat menyeberang di Mahbas Jin. “Membuka HP, balas atau baca WA, menerima panggilan telepon, mengambil video atau foto sambil menyeberang,“ ujar dia lewat pesan berantai yang dikirimkan di Makkah, Arab Saudi, Kamis (23/6/2022).

Baca Juga

Jamaah pun diminta tidak berlari saat menyeberang. Fokus pandangan ke arah datangnya kendaraan kiri atau kanan jalan dan tidak berbicara dengan jamaah lain saat menyeberang. Imbauan lainnya, jangan makan dan minum sambil berjalan dan hindari menyeberang sambil berlari.

Dia menjelaskan, ada pos pantau petugas di Mahbas Jin yang siap membantu jamaah untuk menyeberang. Prosedur penyeberangan jamaah yang akan dilakukan, yakni petugas mengumpulkan jamaah sebelum menyeberang sambil mengamati situasi kendaraan di jalan.

Petugas akan menghentikan kendaraan sebelum memberi instruksi menyeberang dengan aman. Setelah aman, petugas akan mempersilakan jamaah menyeberang jalan.

Jalur di sekitar Masjidil Haram untuk Rute Mahbas Jin-Bab Ali ditumpangi oleh penumpang internasional. Armada Bus Shalawat yang melalui jalur tersebut juga bisa dinaiki penumpang berbagai negara.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini