Rombongan Amirul Hajj Tiba di Tanah Suci Dipimpin Wamenag

Jumat , 01 Jul 2022, 21:22 WIB Redaktur : Nashih Nashrullah
 Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Saadi, memimpin rombongan amirul hajj saat tiba di Arab Saudi.
Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Saadi, memimpin rombongan amirul hajj saat tiba di Arab Saudi.

Oleh A Syalaby Ichsan, dari Makkah, Arab Saudi  

 

Terkait

IHRAM.CO.ID, MAKKAH – Delegasi Amirul Hajj tiba di Bandara International King Abdul Aziz International Airport (KAIA), Jeddah, Jumat (1/7) dini hari.

Baca Juga

Rombongan yang dipimpin oleh Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi tersebut berangkat ke Tanah Suci untuk memastikan prosesi penyelenggaraan ibadah haji bisa berjalan dengan lancar.

“Kami harus memastikan bahwa jamaah itu bisa berangkat baik, baik yang reguler maupun menggunakan perjalanan haji khusus," ujar Zainut setelah tiba di bandara saat diwawancarai Tim MCH, Jumat (1/7/2022).

Zainut menjelaskan, Menteri Agama Yaqut, Cholil Qoumas, akan menyusul untuk memimpin delegasi Amirul Hajj. Berdasarkan jadwal dari PPIH Arab Saudi, Menag akan berangkat pada 3 atau 4 Juli 2022. Menurut Zainut, saat ini menag masih mengurus banyak persoalan di Tanah Air.

Rombongan Amirul Hajj pimpinan Zainut Tauhid Sa'adi menggunakan Maskapai Garuda Indonesia dengan disertai beberapa anggota delegasi lainnya.

Delegasi Amirul Hajj yang bertolak ke Arab Saudi di antaranya Muhammad Hilal Al Aidid dari Nahdlatul Ulama (Naib Amirul Hajj), Agus Taufiqurrahman dari Muhammadiyah (Naib Amirul Hajj), Arif Fachruddin dari MUI (Anggota), Aay Muhammad Furkon, Masyhuri khamis Ahmad Kasim dari Al Washliyah (Anggota), Faisol Nasar dari Al Irsyad (Anggota), Mohammad Mukri Wiryosumarto dari UIN Raden Inten Lampung (Anggota), Muhammad Khoirul Muttaqin dari Kementerian Koordinator PMK (Anggota), dan Oscar Primadi dari Kementerian Kesehatan (Anggota).

Menurut dia, delegasi Amirul Hajj akan mulai bekerja dengan berkunjung ke pemondokan untuk melihat situasi jamaah. Setelah itu, pihaknya akan memastikan pelaksanaan pelayanan terhadap jamaah bisa berjalan dengan lancar. 

"Kami nanti akan melihat pelaksananaan di lapangan, utamanya di tempat ibadah. Misalnya akomodasi, katering itukan kami harus melibat sementara itu kami baru datang, " jelas dia.

Selain itu, Zainut menjelaskan, pihaknya harus memastikan bahwa jamaah itu bisa berangkat, baik jamaah reguler maupun jamaah haji khusus. Karena itu, maskapai penerbangan harus tersedia dengan baik dan tidak ada masalah.

Untuk saat ini, Zainut mengungkapkan, pihaknya sudah mendapat beberapa laporan yang masuk dari jamaah. Mereka merasakan adanya peningkatan pelayanan pada musim haji kali ini.

Meski demikian, Zainut menjelaskan, Kemenag tetap melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap berbagai catatan yang terjadi di lapangan. "Mudah-mudahan itu bisa terlaksana dengan baik dan tentu harapan kami jamaah haji bisa dapatkan layanan ibadah haji sebaik-baiknya,"ujar dia.

Berdasarkan data dari Kantor Urusan Haji (KUH) per 30 Juni 2022 malam, total kedatangan jamaah haji reguler di Arab Saudi 84.889 jamaah. 

Sementara, jumlah kedatangan jamaah haji khusus sebanyak 4.266 jamaah dengan menggunakan 54 penerbangan. Jamaah yang dirawat sebanyak 117 jemaah, dengan rincian: rawat inap di KKHI Makkah sebanyak 103 orang dan rawat inap di RSAS sebanyak 14 orang (12 di Makkah, 2 di Jeddah).   

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini