Suhu Maksimal Arab Saudi Selama Haji Diperkirakan 42-44 Derajat Celsius

Senin , 04 Jul 2022, 15:27 WIB Reporter :Rr Laeny Sulistyawati/ Redaktur : Ani Nursalikah
Foto udara saat jamaah haji dari berbagai negara  memadati Jabal Rahmah saat berwukuf di Padang Arafah, Makkah, Arab Saudi sebelum pandemi. Suhu Maksimal Arab Saudi Selama Haji Diperkirakan 42-44 Derajat Celsius
Foto udara saat jamaah haji dari berbagai negara memadati Jabal Rahmah saat berwukuf di Padang Arafah, Makkah, Arab Saudi sebelum pandemi. Suhu Maksimal Arab Saudi Selama Haji Diperkirakan 42-44 Derajat Celsius

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Pusat Meteorologi Nasional (NCM) Arab Saudi melaporkan suhu maksimal di Tanah Suci selama musim haji 2022 saat siang hari diperkirakan antara 42-44 derajat Celsius. Selain itu, di tempat suci dapat terjadi aktivitas angin di permukaan pada siang hari.

 

Terkait

 

Baca Juga

Debu juga dapat terangkat dengan kecepatan hingga 35 kilometer per jam, terutama di area terbuka dan jalan raya. "Arah angin secara umum akan dari barat laut ke barat," ujar NCM seperti dikutip dari laman Saudi Gazette, Senin (4/7/2022).

Sementara itu, kemungkinan awan hujan akan terbentuk di ketinggian wilayah Makkah selatan selama periode dari 9-13 Dzulhijah tidak dikecualikan. Hal ini dapat mempengaruhi tempat-tempat suci dengan angin berdebu aktif.

Perlu dicatat bahwa Buletin Al-Mashaer yang diterbitkan oleh Kementerian Haji pada 1429 Hijriyah dengan judul Klasifikasi tahun haji dari 1201 H sampai 1500 H, menyatakan haji tahun ini akan menjadi haji kedua dimana jamaah akan melakukan ritual/manasik selama musim panas. Sebab siklus musim panas tujuh tahun yang dimulai pada 1437 H akan berakhir pada musim haji 1444 H.

Baca juga: Puasa Sebelum Idul Adha: Niat Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini