30 Jenis Makanan Disiapkan untuk Jamaah Haji yang Sakit

Selasa , 05 Jul 2022, 06:20 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Agung Sasongko
Jamaah Haji Sakit (ilutsrasi)
Jamaah Haji Sakit (ilutsrasi)

IHRAM.CO.ID, RIYADH — Kementerian Kesehatan Arab Saudi menyiapkan lebih dari 30 jenis makanan untuk diberikan kepada jamaah haji yang sakit pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Seperti dilansir Saudi Gazette pada Selasa (5/7/2022) Kemenkes Arab Saudi mengatakan bahwa makanan disiapkan sesuai dengan kondisi kesehatan jamaah haji serta ditentukan oleh dokter spesialis.

 

Terkait

Makanan yang akan diberikan kepada jamaah haji meliputi beberapa jenis seperti makanan yang dimasak dan persiapan nutrisi yang ditindaklanjuti di ruang perawatan intensif dan rawat inap lainnya oleh ahli gizi klinis. Sedangkan Komite Nutrisi telah melengkapi 11 departemen nutrisi di Tempat Suci Mina dan Arafah, serta 20 ruang makan yang diawasi oleh 85 spesialis makanan dan gizi.

Baca Juga

Kemenkes Arab Saudi mengatakan sekitar 540 pekerja akan bertugas di ruang makan. Mereka telah dilatih tentang praktik terbaik dan persyaratan kesehatan.

Kemenkes Arab Saudi juga mengumumkan bahwa mereka juga telah menyediakan layanan gigi, karena telah meluncurkan klinik gigi keliling yang berafiliasi dengan Makkah Health Cluster.

Kemenkes Arab Saudi mengatakan bahwa klinik gigi keliling akan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas perawatan kesehatan bagi para peziarah, serta memfasilitasi akses ke sana dan meningkatkan efisiensi dalam memberikan layanan kepada para tamu dan pengunjung di Tempat Suci.

Klinik gigi keliling mencakup sekitar 32 dokter spesialis dari kader medis dan operasional, selain itu telah dilengkapi dengan semua kemampuan modern dan ditandai dengan tersedia sepanjang waktu selama pelaksanaan ibadah haji. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini