Musim Haji 2022 Dipenuhi Teknologi Tinggi

Rabu , 06 Jul 2022, 03:28 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Agung Sasongko
Skutik Sai dan Thawaf di Masjid al-Haram, Makkah
Skutik Sai dan Thawaf di Masjid al-Haram, Makkah

Otoritas kesehatan juga memberikan bantuan medis sepanjang waktu melalui nomor bebas pulsa 937 dan aplikasi Sehhaty. Selama ziarah haji, 2.000 kendaraan listrik akan siap membantu jamaha yang berkebutuhan khusus dan lanjut usia (lansia) di Masjidil Haram. Payung elektronik akan beroperasi untuk melindungi jamaah dari sinar matahari dan robot pintar akan berkeliling sembari menawarkan botol air.

 

Terkait

Tahun ini, otoritas Saudi fokus pada langkah-langkah kesehatan yang kuat dan lebih dari sekadar merawat orang. Langkah ini juga tentang merayakan fakta musim haji dalam skala besar kembali dilakukan, setelah kontrol yang diperlukan selama pandemi Covid-19.

Pendekatan modern diambil bukan hanya tentang menjaga orang tetap aman, tapi keberadaan teknologi juga menyederhanakan beban logistik yang seringkali rumit dan dibebankan pada peziarah individu, serta berurusan dengan komplikasi jangka pendek yang tak terhindarkan, termasuk pelaku kesalahan.

Pekan lalu, Kementerian Haji dan Umrah mengumumkan serangkaian penerbangan dan fasilitas alternatif untuk orang-orang yang menghadapi kesulitan teknis pada platform pendaftaran elektronik baru Kerajaan Saudi.

Pihak berwenang Saudi juga mengumumkan menangkap 15 orang yang mencoba memberikan layanan palsu dan mencoba mengambil untung dari praktik ilegal. Negara ini menggunakan platform daring resmi untuk mencegah penjahat menggunakan media sosial untuk menipu peziarah, serta untuk memastikan pengunjung mendapatkan layanan yang telah mereka bayarkan.

Teknologi bahkan mengatasi hambatan bahasa. Layanan daring lainnya, seperti aplikasi Khutbah Arafat, akan menyediakan terjemahan langsung dalam 10 bahasa. Robot penerjemah keliling tahun lalu, yang menyediakan layanan dalam 11 bahasa, juga turut beroperasi.