Jamaah Haji Tiba dengan Selamat di Arafah

Sabtu , 09 Jul 2022, 04:20 WIB Reporter :Meiliza Laveda/ Redaktur : Esthi Maharani
Padang Arafah
Padang Arafah

IHRAM.CO.ID,  MINA – Otoritas Keamanan Arab Saudi mengonfirmasi semua jamaah haji tahun ini yang dibawa dari Mina ke Arafah pada Jumat pagi sampai dengan selamat. Penjagaan keamanaan di sekitar tempat suci akan berlanjut selama satu hari lagi untuk mencegah pelanggar masuk.

 

Terkait

Jamaah haji berbondong-bondong ke Arafah setelah berkumpul di Mina yang diikuti dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Mereka akan melakukan sholat gabungan Zuhur dan Ashar di Masjid Namirah. Di sana mereka juga menghadiri ceramah haji yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia (MWL) Sheikh Dr. Mohammed bin Abdul Karim al-Issa.

Ceramah di Arafah pertama kali disampaikan oleh Nabi Muhammad setelah dia hijrah dari Makkah ke Madinah. Menurut Presiden Urusan Dua Masjid Suci Sheikh Dr. Abdulrahman Al-Sudais, ceramah akan diterjemahkan ke dalam 14 bahasa. Ini merupakan upaya Arab Saudi untuk menyampaikan pesan tentang kebenaran, keadilan, toleransi, dan moderasi Islam ke dunia.

Ceramah haji tahun lalu yang disampaikan oleh Syekh Dr. Bandar Baleela, difokuskan untuk mengajak umat Islam berbuat baik kepada semua makhluk, termasuk hewan dan benda mati. Saat itu, hanya 60 ribu warga Saudi yang hadir. Mereka yang diizinkan melakukan haji berusia 18 hingga 65 tahun.

Dilansir Arab News, Jumat (8/7/2022), Komandan Keamanan Publik Letnan Jenderal Mohammed al-Bassami mengatakan satu juta jamaah dibawa ke Arafat dengan mudah. Ini merupakan bentuk kerja sama semua otoritas kerja haji yang berkontribusi pada pergerakan para jamaah.

“Kami masih memiliki tugas lagi untuk membawa jamaah ke Muzdalifah, Mina, Tawaf Al-Ifadha, dan hari-hari Tashreeq,” kata al-Bassami. Dia menambahkan penjagaan keamanan di sekitar tempat suci akan berlanjut hingga Sabtu untuk mencegah pelanggar masuk.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini