Tim Kesehatan Mina Berhasil Selamatkan Nyawa Rosidan

Ahad , 10 Jul 2022, 17:25 WIB Reporter :Ali Yusuf / Jurnalis : Fian Firatmaja
Rosidan 54 tahun, jamaah haji dengan syok hipovolemik atau kekurangan cairan berat dengan manifestasi kehilangan kesadaran berhasil ditangani tim Posko Kesehatan Mina.
Foto : Republika/Ali Yusuf

IHRAM.CO.ID, MAKKAH — Rosidan 54 tahun, jamaah haji dengan syok hipovolemik atau kekurangan cairan berat dengan manifestasi kehilangan kesadaran berhasil ditangani tim Posko Kesehatan Mina. Hal ini setelah dilakukan resusitasi untuk mengkoreksi kehilangan cairan pada pasien oleh tim Posko Kesehatan Mina, Sabtu (9/7).

 

Terkait

Sebelum diresusitasi, jamaah haji asal PLM 05 (Palembang), ini datang diantar oleh teman kloternya setelah tak sadarkan diri saat dalam perjalanan melontar Jamarat. Saat tiba di Poskes Mina pada pukul 18.51 WAS tekanan darahnya  63/57 mmHg, denyut jantung 130 kali permenit atau dalam istilah medis pasien nerada dalam kondisi kekurangan cairan berat atau syok. 

"Jika telat ditangani bisa mengakibatkan kematian," kata Harpandi Rahim Palewai kepada Republika, Sabtu (9/7).

Setelah dilakukan penanganan dan pemantauan kurang lebih selama dua jam akhirnya pasien berada dalam kondisi stabil dengan kesadaran yang kembali baik dan tanda vital kembali normal. Sehingga bisa dipulangkan ke tendanya pada pukul 19.30 WAS. 

 

 

 

 

Videografer | Ali Yusuf

Video Editor | Fian Firatmaja

 

BERITA LAINNYA