Ahad 10 Jul 2022 21:00 WIB

Ibadah Kurban Didik Manusia Memberikan yang Terbaik

Ibadah kurban mendidik menusia untuk selalu memberikan yang terbaik.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Pengurus RW membagikan daging kurban dari rumah ke rumah kepada warga di Kawasan Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat, Ahad (10/7/2022). Pemerintah Kota Bandung menerapkan penggunaan plastik atau plastik organik dalam pengemasan saat pembagian daging kurban  daripada menggunakan daun atau besekan bambu untuk mencegah meluasnya siklus penyebaran virus PMK.
Foto: ANTARA/Novrian Arbi
Pengurus RW membagikan daging kurban dari rumah ke rumah kepada warga di Kawasan Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat, Ahad (10/7/2022). Pemerintah Kota Bandung menerapkan penggunaan plastik atau plastik organik dalam pengemasan saat pembagian daging kurban daripada menggunakan daun atau besekan bambu untuk mencegah meluasnya siklus penyebaran virus PMK.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti menitipkan pesan kepada umat Muslim seiring perayaan Idul Adha 1443 H. Menurutnya, Idul Adha atau ibadah kurban mendidik menusia untuk selalu memberikan yang terbaik.

"Qurban mendidik manusia untuk senantiasa memberikan yang terbaik bagi sesama, dengan berbagi sedekah materi dan non materi," kata dia dalam pesan yang diterima Republika, Ahad (10/7/2022).

Baca Juga

Prof Mu'ti menyebut hikmah ibadah kurban adalah bagaimana manusia harus berjuang dan berkurban, untuk mencapai keluhuran harkat dan martabat dalam kehidupan di dunia dan akhirat.

Untuk itu, ia menyebut manusia harus senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satu caranya dengan menjalin keakraban dan solidaritas dengan sesama umat manusia.

"Dalam situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir, diperlukan kedermawanan dan pengorbanan untuk membantu sesama, menyelesaikan berbagai masalah kehidupan yang sekarang masih sangat mengemuka.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement