Komunitas Muslim di Nova Scotia Bersyukur Dapat Rayakan Idul Adha

Senin , 11 Jul 2022, 20:45 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam / Redaktur : Agung Sasongko
Muslim Kanada di Nova Scotia (ilustrasi)
Muslim Kanada di Nova Scotia (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Tahun ini, Masjid Ummah menggelar sholat Idul Adha di luar ruangan untuk pertama kalinya sejak pandemi dimulai.  Abdullah Yousri, imam Masjid Masjid Ummah di Halifax mengatakan ribuan orang dari seluruh penjuru datang ke masjid sepanjang hari.

 

Terkait

"Lapangan itu penuh dengan saudara perempuan dan laki-laki dan anak-anak yang berkumpul untuk merayakannya," katanya seperti dilansir dari CBC News, Ahad (10/7/2022).

Baca Juga

Yousri mengatakan setelah sholat, orang-orang berbagi makanan sementara anak-anak bermain di istana goyang, bertemu keluarga utama dan mengunjungi hewan ternak.  Komunitas juga merayakannya dengan pelayaran pelabuhan dan perjalanan berkemah di Cape Breton pada akhir pekan nanti.

"Beda [tahun ini] karena kita bisa kumpul dan nyambung. Bagi kami, ini adalah momen di mana kami berkumpul dan makan bersama, berbagi, dan mengunjungi. Semua itu tidak mungkin terjadi selama pandemi. Orang-orang telah merindukan ini selama dua tahun sekarang,"jelasnya.

Yousri mengatakan memberi sedekah juga merupakan bagian penting dari Idul Adha. "Kami berbagi makanan dan berbagi daging [dan hadiah] dengan keluarga, dengan teman-teman ... dan juga untuk masyarakat yang kurang beruntung, kami akan memberikan banyak amal selama hari-hari ini," terangnya. 

Yousri mengatakan keluarga sering memilih badan amal mereka sendiri untuk disumbangkan, dan itu bisa lokal atau di seluruh dunia.