Selasa 12 Jul 2022 08:17 WIB

Sebanyak 128 Ribu Ton Sampah Dibersihkan dari Makkah 

Arab Saudi beri layanan terbaik untuk jamaah haji termasuk kebersihan sampah

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Bendera Arab Saudi. Arab Saudi beri layanan terbaik untuk jamaah haji termasuk kebersihan sampah
Foto: AP/Amr Nabil
Bendera Arab Saudi. Arab Saudi beri layanan terbaik untuk jamaah haji termasuk kebersihan sampah

IHRAM.CO.ID, RIYADH — Menteri Urusan Kota dan Pedesaan dan Perumahan Arab Saudi, Majed Al-Hoqail, mengumumkan pada Senin (11/7/2022), keberhasilan rencana kementerian untuk menjaga kesehatan, keselamatan dan kenyamanan jamaah haji.

Pada haji musim ini kata dia, sebanyak 128 ribu ton sampah telah dikeluarkan dari Makkah dan tempat suci selama periode antara 1 dan 10 Dzulhijah (30 Juni–9 Juli).  

Baca Juga

“Sebanyak 13549 pengawas, pengamat, pengemudi dan petugas kebersihan berpartisipasi dalam upaya ini, menggunakan berbagai jenis peralatan 912 untuk membuang sampah sepanjang waktu,” katanya dilansir dari Saudi Gazette, Selasa (12/7/2022). 

Al-Hoqail mengatakan kementerian telah menyiapkan sistem prosedur untuk menerima jamaah haji dan menyediakan semua fasilitas dan layanan bagi mereka. Dia mencatat bahwa rencana aksi Kementerian dilaksanakan 22 ribu personel manusia dari kementerian, serta dari wali Kota Makkah, kotamadya, dan 28 pusat layanan kota di tempat suci.  

 

Al-Hoqail mengatakan bahwa kementerian terus meluncurkan paket layanan untuk mengikuti musim haji, termasuk peluncuran layanan laboratorium keliling, yang melakukan sejumlah tugas yang diwakili dalam menerima dan menganalisis sampel makanan dan air, mengeluarkan hasilnya kepada instansi terkait, dan melakukan pemeriksaan laboratorium secara cepat terhadap sampel yang diterima dengan menggunakan peralatan terkini. 

Selain itu, kata menteri, laboratorium tersebut menyediakan data epidemiologis dan mengidentifikasi makanan berbahaya, selain deteksi fisik kimia-mikroba kontaminan makanan, dan menangani sampel dugaan kasus keracunan makanan. Dia menambahkan bahwa hasil laboratorium tersebut diperoleh segera atau dalam beberapa jam.   

Ibadah haji berakhir secara resmi pada Selasa (12/7/2022), hari ketiga tasyriq (ayyam at-tasyriq), peziarah diizinkan untuk berangkat sehari lebih awal. Setengah dari jamaah haji tahun ini memanfaatkan kelonggaran untuk berangkat sehari lebih awal. 

Kontingen besar aparat keamanan dan personel Pertahanan Sipil serta petugas kesehatan terlihat di berbagai titik di Kompleks Jamarat yang sangat canggih, untuk mengawasi kelancaran pelaksanaan ritual lempar jumrah.

Setelah mencapai akomodasi mereka di Mina, peziarah mengemasi barang bawaan mereka dan naik bus yang membawa mereka ke Makkah untuk melakukan Tawaf perpisahan. 

Sebagian besar jamaah domestik akan meninggalkan Makkah pada Senin (11/7/2022) setelah melakukan tawaf wada, sementara jamaah asing akan tinggal kembali untuk beberapa waktu tergantung pada jadwal penerbangan keberangkatan mereka. Mereka akan melakukan tawaf wada sebelum meninggalkan Makkah. 

Para peziarah terlihat dalam suasana euforia setelah menyelesaikan perjalanan spiritual seumur hidup mereka. Beberapa peziarah mengungkapkan kegembiraan mereka karena mendapatkan kesempatan baik dan berkah ilahi untuk berada di antara jumlah tamu Tuhan yang terbatas.  

Mereka memuji upaya luar biasa yang dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi yang dipimpin Penjaga Masjid Suci Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad Bin Salman, serta Kementerian Haji dan Umrah dan semua lembaga yang terlibat dalam ibadah haji untuk layanan yang membantu mereka melakukan ritual mereka dengan mudah dan nyaman. Mereka meminta Tuhan untuk menerima haji mereka dan memberi penghargaan kepada semua orang yang berkontribusi pada kelancaran pelaksanaan haji.     

 

 

Sumber: saudigazette  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement