Selasa 12 Jul 2022 15:52 WIB

Arab Saudi Distribusikan Sejuta Alquran Sebagai Hadiah untuk Jamaah Haji

Alquran dihadiahkan untuk setiap jamaah haji sebagai suvenir

Rep: Andrian Saputra, Mabruroh / Red: Nashih Nashrullah
 Ilustrasi Alquran Arab Saudi. Alquran dihadiahkan untuk setiap jamaah haji sebagai suvenir
Foto: SPA
Ilustrasi Alquran Arab Saudi. Alquran dihadiahkan untuk setiap jamaah haji sebagai suvenir

IHRAM.CO.ID, MAKKAH — Kementerian Urusan Islam, Panggilan dan Bimbingan Arab Saudi  mendistribusikan total satu juta salinan Alquran kepada jamaah haji mulai Senin (11/7/2022). 

Pembagian Alquran itu sebagai hadiah dari Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman kepada para peziarah yang berangkat melalui Bandara Internasional King Abdulaziz Jeddah dan Pelabuhan Laut Islam, jalur darat dan jalur udara lainnya.  

Baca Juga

Bingkisan tersebut juga akan diserahkan kepada aparatur pemerintah yang ikut melaksanakan tugas haji tahun ini.

Seperti dilansir Saudi Gazette pada Selasa (12/7/2022) dalam sebuah pengumuman, Kementerian tersebut mengatakan hadiah itu datang sebagai implementasi dari perintah kerajaan Arab Saudi untuk terus menjaga kitab suci Islam yang diterbitkan oleh Kompleks Percetakan Alquran Raja Fahd yang berbasis di Madinah dengan berbagai ukuran dan terjemahan dalam 76 bahasa internasional.  

Sementara itu layanan mutakhir berbasis robot  telah diluncurkan di Masjidil Haram tahun ini untuk mendistribusikan kitab suci Alquran kepada para jamaah saat mereka menyelesaikan perjalanan haji di Makkah. 

Wakil Presiden untuk Urusan Dua Masjid Suci untuk Urusan Pembinaan Masjidil Haram, Badr Bin Abdullah Al-Firaih, memberikan penjelasan tentang perangkat tersebut.

Dia mengatakan bahwa robot dengan mudah menemukan jalan melalui kerumunan. Robot itu berbobot 59 kg dengan kecepatan terkendali 1,2-5 m/detik dan kapasitas sepuluh kg.     

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement