Kamis 14 Jul 2022 03:14 WIB

PPIH Embarkasi Makassar Siapkan Tes PCR Jamaah Haji

Penerapan protokol kesehatan masih tetap diberlakukan

Tes PCR haji (ilustrasi)
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Tes PCR haji (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA --  Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi dan Debarkasi Makassar menyiapkan tempat untuk melakukan tes usap dengan metode reaksi berantai polimerase(PCR) bagi jamaah haji setibanya di Tanah Air khususnya di Poliklinik UPT Asrama Haji Sudiang Makassar.

"Bagi jamaah haji yang memiliki suhu tubuh 37,6 derajat Celcius akan langsung menjalani tes usap PCR di poliklinik asrama haji," ujar Sekretaris PPIHEmbarkasi dan Debarkasi Makassar Ikbal Ismail di Makassar, Rabu (13/7/2022).

Baca Juga

Ikbal Ismail mengatakan penerapan protokol kesehatan masih tetap diberlakukan bagi para jamaah haji setibanya di Tanah Air usai menjalani prosesi ibadah di tanah suci, Arab Saudi.

Dia menyatakan semua tahapan persiapan telah dilakukan, termasuk mengantisipasi jika ada yang terindikasi positif COVID 19."Panitia sudah siap. Insha Allah tanggal 27 Juli seluruh panitia Debarkasi akan masuk Asrama Haji Makassar untuk mempersiapkan penyambutan kepulangan jamaah haji hingga melepas kembali ke daerah asal masing-masing," katanya.

Untuk kloter pertama pemulangan jamaah haji sendiri dijadwalkan tiba Kamis 28 Juli 2022 pukul 16.40 dan langsung diarahkan ke Aula Arafah."Di sini kita akan berlakukan prokes secara ketat serta jemaah akan menjalani pemeriksaan suhu tubuh terlebih dahulu dengan Infrared thermometer atau thermo gun sebelum memasuki aula Arafah," kata dia.

Menurutnya, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila terdapat jemaah yang terpapar COVID-19. "Jika ada yang suhu tubuhnya diatas 37,5 derajat maka kita arahkan ke poliklinik untuk menjalani tesusap PCR," tuturnya.

Bilamana hasil tes usapPCR-nya positif, sambung Ikbal, maka jamaah yang bersangkutan akan dirujuk ke Rumah Sakit milik Pemprov Sulsel untuk penanganan lebih lanjut serta menjalani isolasi mandiri karena fasilitas tersebut tidak disediakan di Asrama Haji Makassar.

Ikbal Ismail juga mengungkapkan bahwa sampai hari ini seluruh jemaah dan petugas haji embarkasi Makassar yang berjumlah 7.230 orang dari 8 provinsi di Indonesia Timur dalam keadaan sehat walafiat."Alhamdulillah sampai saat ini jemaah haji Embarikasi Makassar yang berangkat secara bertahap dalam 19 kloter tetap utuh. Tentunya harapan kita bersama, semuanya juga utuh kembali ke tanah air hingga selesainya proses pemulangan pada 13 Agustus 2022," ucapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement