Layanan Kedaruratan Tim EMT PPIH Arab Saudi di Jalur Jamarat

Kamis , 14 Jul 2022, 12:56 WIB Reporter :Ali Yusuf / Jurnalis : Fian Firatmaja
Jamaah haji Indonesia sedang diinfus oleh Emergency Medical Team (EMT) PPIH Arab Saudi bidang kesehatan di pos dua jalur Jamarat atas. Keluhan mereka merasa kelelahan saat berjalan untuk melontar Jumroh, Ahad (10/7).
Foto : Republika/Ali Yusuf

IHRAM.CO.ID, MAKKAH — Patugas Haji Indonesia menjadi satu-satunya yang melakukan emergency respon kepada jamaah haji di sepanjang jalur Jamarat menuju lempar Jumrah. Petugas dari negara-negara lain tidak terlihat melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan petugas haji Indonesia di jalur bawah lantai dasar dan jalur atas lantai tiga Jamarat.

 

Terkait

Di mana Emergency Medical Team (EMT) PPIH Arab Saudi bidang kesehatan melakukan respon kegawatdaruratan, ketika ada jamaah haji di sepanjang jalur Jamarat membutuhkan pelayanan kesehatan atau petolongan cepat.

Di sepanjang jalur jamarat ini banyak jamaah haji Indonesia kelelahan, dehidrasi pingsan bahkan sampai ada yang meninggal dunia. Untuk mengurangi faktor resiko tersebut anggota EMT disebar di jalur bawah dan atas lantai tiga Jamarat. 

Ada lima jalur yang digunakan jamaah haji untuk melontar Jumrah. Indonesia hanya menggunakan jalur lantai tiga, meski masih ada jamaah haji Indonesia melewati jalur bawah. Anggota EMT akan langsung melakukan pertolongan ketika melihat ada jamaah haji lemas, atau memerlukan pelayanan kesehatan lainnya seperti anamnesa. Jika kondisinya berat maka jamaah akan langsung diinfus untuk stabilisasi.

 

 

 

 

Videografer | Ali Yusuf

Video Editor | Fian Firatmaja

 

BERITA LAINNYA