Kamis 14 Jul 2022 22:07 WIB

Riset: 14 persen Warga Saudi Berinvestasi Kripto

Riset: 14 persen Warga Saudi Berinvestasi Kripto

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Riset: 14 persen Warga Saudi Berinvestasi Kripto. Foto:  Uang kripto (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Riset: 14 persen Warga Saudi Berinvestasi Kripto. Foto: Uang kripto (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Studi yang dilakukan Kucoin mengungkap persentase jumlah warga Arab Saudi yang berinvestasi kripto. Berdasarkan studi ini, sekitar 14 persen penduduk Saudi dari populasi orang dewasa berusia 18-60 tahun merupakan investor kripto.

Riset tersebut juga menemukan, transaksi kripto yang mereka lakukan telah berjalan selama enam bulan terakhir. Dari total investor kripto Saudi, 76 persennya memiliki pengalaman kurang dari satu tahun sehingga memerlukan pendidikan kripto yang relevan.

Baca Juga

Riset itu juga menunjukkan ada 17 persen lagi dari kalangan orang dewasa di Saudi yang merasa penasaran dengan dunia cryptocurrency. Mereka ini memiliki kecenderungan untuk berinvestasi pada kripto selama enam bulan ke depan.

Dalam risetnya, Kucoin juga memperlihatkan bagaimana sentimen penduduk Saudi terhadap transaksi kripto yang telah bergeser sejak awal musim dingin kripto yang saat ini sedang berlangsung.

"Pada kuartal pertama 2022, 49 persen investor crypto bermaksud untuk meningkatkan investasi dalam kripto selama enam bulan mendatang. Permulaan pasar bearish pada kuartal kedua 2022 memicu pembalikan sentimen investor ke arah strategi yang lebih konservatif terkait investasi cryptocurrency," kata laporan itu, seperti dilansir Bitcoin.com, Kamis (14/7/2022).

Laporan dari riset Kucoin juga menyampaikan, sejak awal kuartal kedua tahun ini, sekitar 31% persen pemilik kripto di Saudi telah menunjukkan keinginan untuk menjaga keseimbangan aset kripto mereka ketimbang meningkatkan investasi mereka. Mereka memilih bertahan dan menunggu datangnya momentum yang tepat daripada menambah nilai investasinya.

Namun, sebaliknya, investor kriptp di Saudi dengan pendapatan yang lebih rendah cenderung melikuidasi atau menguangkan sebagian portofolionya selama periode yang sama.

Selain itu, riset Kucoin juga menunjukkan, sebanyak 76 persen investor kripto di Saudi memiliki pengalaman kurang dari satu tahun. Dari jumlah tersebut, sekitar 49 persennya baru memulai investasi kripto dalam enam bulan terakhir.

Sekitar 51 persen investor kripto di Saudi juga menyampaikan faktor mengapa mereka terjun ke dunia kripto. Mereka meyakini, kripto adalah masa depan keuangan. Sedangkan 44 persen investor lain menyebut mereka berinvestasi kripto karena bisa mendapat keuntungan yang lebih besar dalam jangka panjang dibandingkan dengan jenis investasi keuangan lainnya.

Total investor kripto di Saudi didominasi kaum pria dengan 63 persen, dan sepertiganya adalah investor muda berusia di bawah 30 tahun. Sebanyak 44 persen investor kripto pria mengatakan tidak ingin ketinggalan tren. Penelitian tersebut juga mengamati bahwa wanita lebih fokus pada manfaat realistis kripto.

"Dalam mencari sumber informasi, 84 persen investor kripto (di Saudi) beralih ke media sosial terutama YouTube dan Twitter. Dan lebih dari sepertiganya mengandalkan komunitas online ketika mencari informasi terkait kripto. Hampir 50 persen investor kripto di Saudi melakukan transaksi perdagangan kripto setiap bulannya," demikian riset Kucoin.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement