Senin 18 Jul 2022 11:02 WIB

Liga Muslim Sambut Baik Hasil KTT Jeddah 

Hasil KTT Jeddah disambut baik Liga Muslim Dunia.

Rep: Ratna ajeng tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Seorang penyelenggara berdiri di depan spanduk yang menunjukkan logo KTT Keamanan dan Pembangunan di Jeddah, Arab Saudi, Sabtu, 16 Juli 2022.
Foto: AP Photo/Amr Nabil
Seorang penyelenggara berdiri di depan spanduk yang menunjukkan logo KTT Keamanan dan Pembangunan di Jeddah, Arab Saudi, Sabtu, 16 Juli 2022.

IHRAM.CO.ID,RIYADH — Liga Muslim Dunia (MWL) menyambut baik hasil KTT Jeddah untuk Keamanan dan Pembangunan yang diselenggarakan oleh Arab Saudi dengan partisipasi negara-negara Dewan Kerjasama Teluk, Yordania, Mesir, Irak, dan Amerika Serikat.

Melansir laman saudigazette.com.sa, Sekretaris Jenderal MWL dan Ketua Asosiasi Cendekiawan Muslim Sheikh Mohammad bin Abdulkarim Al Issa memuji hasil KTT, yang berfokus pada kemitraan dalam mempromosikan perdamaian dan kemakmuran di wilayah tersebut.

Baca Juga

Al Issa mengucapkan selamat kepada Kerajaan Arab Saudi atas keberhasilan KTT Keamanan dan Pembangunan Jeddah. Dia juga memuji upaya bijaksana Raja Salman dan Putra Mahkota. Dia menekankan bahwa keberhasilan besar ini menegaskan kembali status Kerajaan Arab Saudi di arena regional dan internasional, dan peran utamanya yang layak dalam mencapai perdamaian dan kemakmuran di kawasan dan dunia.

Selama enam tahun terakhir, Arab Saudi telah menjadi tuan rumah sebanyak 15 KTT Arab dan internasional, termasuk lima KTT Teluk, dua KTT Arab, tiga KTT Islam, dan lima KTT Saudi-Amerika.

Ini termasuk KTT enam anggota Dewan Kerjasama Teluk (GCC) berikut,  KTT ke-42 yang diadakan di Riyadh pada 18 Desember 2021, KTT ke- 41 diadakan di AlUla pada 5 Januari 2021, KTT ke - 40 diadakan di Riyadh pada 10 Desember 2019, KTT Luar Biasa diadakan di Riyadh pada 2019, dan KTT ke-39 diadakan di Riyadh pada 9 Desember 2018.

Saudi menjadi tuan rumah KTT Saudi-Amerika di Riyadh, KTT Teluk-Amerika dan KTT Arab-Islam-Amerika pada Mei 2017, KTT Saudi-Amerika dan KTT Keamanan dan Pembangunan di Jeddah pada 15-16 Juli 2022.

Kota suci Makkah menjadi saksi KTT Arab yang luar biasa pada Mei 2019, sedangkan KTT Arab ke-29 diadakan di Dhahran pada April 2018. Makkah juga menyaksikan KTT Islam ke-14 pada Mei 2019 sementara KTT G-20 diadakan dari jarak jauh di Riyadh dan KTT G-20 di Riyadh pada 21-22 November 2020.

Sumber:

https://saudigazette.com.sa/article/623035/SAUDI-ARABIA/Muslim-World-League-welcomes-Jeddah-Summit-outcomes

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement