Ragam Cerita dari Dapur Daker Makkah

Selasa , 19 Jul 2022, 01:35 WIB Reporter :Achmad Syalaby Ichsan / Jurnalis : Fian Firatmaja
Juru masak dapur Daker Makkah tengah menyiapkan makanan untuk petugas haji dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.
Foto : Republika/Achmad Syalaby Ichsan

IHRAM.CO.ID, MAKKAH — Jam makan siang sudah menjelang di Lantai Lima, Kantor Daerah Kerja (Daker) Makkah di daerah Syisyah, Makkah, Arab Saudi,  pekan lalu.  Nining Kurniati dan empat pekerja lainnya tengah sibuk menyiapkan menu khas untuk Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Seorang pria berpakaian petugas PPIH sudah menanti di dapur yang sehari-hari menyiapkan menu untuk para petugas dan pejabat Kementerian Agama (Kemenag) itu. 

 

Terkait

Dengan cekatan, Nining menata sambal goreng kentang petai, tempe mendoan, acar cuka hingga sop kambing di meja dorong. Tidak ketinggalan buah-buahan yang diletakkan di bawah meja. 

“Ada tambahannya. Pak menteri paling suka ini indomie. Setiap hari dua mangkuk,” ujar juru masak dari daerah Condet, Balekambang, Jakarta, itu. 

Penanggung Jawab Dapur Daker Makkah Syamsul Bahri menjelaskan, dapur daker memang dipersiapkan untuk melayani dari petugas hingga menteri yang berada di kantor daker. Sejauh ini, Syamsul menjelaskan, menteri agama tidak pernah mengajukan permintaan menu yang menyulitkan petugas dapur. 

"Alhamdulillah Pak Menteri enggak pernah ribet. Paling minta tempe mendoan," ujar dia. 

 

 

 

 

Videografer | Achmad Syalaby Ichsan

Video Editor | Fian Firatmaja

BERITA LAINNYA