Kamis 28 Jul 2022 13:21 WIB

Mengunjungi Kebun ‘Kurma Nabi Sejati’

Bibit kurma diambil dari Aliyah yang berada dekat dengan wilayah Masjid Quba.

Rep: Achmad Syalaby Ichsan/ Red: Fian Firatmaja
Kurma ajwa yang dikelola Castle Farm disebut sebaga kurma nabi sejati.
Foto: Republika/Achmad Syalaby Ichsan
Kurma ajwa yang dikelola Castle Farm disebut sebaga kurma nabi sejati.

IHRAM.CO.ID, MADINAH — Jejeran pohon kurma berdiri anggun di kawasan Al Mindassah, sekitar 40 kilometer  barat laut Kota Madinah. Pepohonan jenis palem-paleman itu sudah mengeluarkan buahnya yang menjuntai. Akhir Juli ini, pertanian kurma yang dimiliki oleh Castle Farm itu sudah berada pada fase awal panen. 

Kurma ajwa  ini bukanlah varietas biasa. Bibitnya diambil dari Aliyah yang berada dekat dengan wilayah Masjid Quba, sebelah selatan dari Masjid Nabawi. Tak heran jika kurma ini disebut sebagai kurma nabi sejati. Konon, bibit pohon ajwa yang diriwayatkan Rasulullah SAW juga berasal dari sana. 

CEO Castle Farm Eng. Raed Al Rehili menjelaskan, ada sepuluh kebun kurma yang dikelola oleh Castle Farm. Untuk yang di Madinah saja, luasnya mencapai 125 hektare dengan total sekitar 40 ribu pohon di dalamnya. 

Setiap tahun, Castle Farm memproduksi 1500 Metric Ton (MT) kurma. Mayoritas berjenis Ajwa. Meski demikian, pertanian yang sudah dikelola selama tiga generasi ini memiliki kebun kurma dari jenis lain seperti Ambar, Sukari, Safawi dan beragam kurma lainnya. Hanya saja, Raed menegaskan, kurma-kurma di luar Ajwa tidak diproduksi di Madinah. 

 

 

 

 

 

Videografer | Achmad Syalaby Ichsan

Video Editor | Fian Firatmaja

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement