Kamis 04 Aug 2022 14:52 WIB

Arab Saudi Buka Seluas-luasnya Kuota Umroh Jamaah Indonesia

Arab Saudi melonggarkan sejumlah aturan ibadah umroh.

Jamaah calon haji melakukan tawaf di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Rabu (6/7/2022). Arab Saudi Buka Seluas-luasnya Kuota Umroh Jamaah Indonesia
Foto: ANTARA FOTO/Handout/Saudi Press Agency/pras/n
Jamaah calon haji melakukan tawaf di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Rabu (6/7/2022). Arab Saudi Buka Seluas-luasnya Kuota Umroh Jamaah Indonesia

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Kementerian Agama menyatakan Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi telah membuka seluas-luasnya jumlah kuota jamaah umroh tahun 1444 H, khususnya dari Indonesia. "Alhamdulillah, dari pertemuan ini kita mendapat kepastian Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi membuka seluas-luasnya jumlah kuota jamaah umrah tahun 1444 H, khususnya dari Indonesia," kata Direktur Umroh dan Haji Khusus Kementerian Agama Nur Arifin, Rabu (3/8/2022).

Sebelumnya Kementerian Agama RI bersama Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi menggelar pertemuan untuk membahas kebijakan penyelenggaraan ibadah umroh 1444 H. Nur Arifin mengatakan, pertemuan tersebut membahas sejumlah persiapan sehubungan telah dibukanya penyelenggaraan umroh 1444 H.

Baca Juga

Kemenag perlu mengetahui kebijakan terbaru Arab Saudi dalam penyelenggaraan umroh, khususnya setelah dua tahun pandemi. Terkait penerbitan visa, lanjut Arifin, prosesnya tidak lagi harus melalui provider visa di Indonesia.

Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) kini bisa langsung bekerja sama dengan provider visa di Arab Saudi yang sudah diakui Kementerian Haji dan Umroh. Begitu pula dengan masa berlaku visa umroh yang awalnya hanya sebulan, kini menjadi tiga bulan.

 

Jamaah umroh juga dapat mengunjungi seluruh wilayah di Arab Saudi. "Kebijakan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi terkait dengan penerbitan visa umroh bagi jamaah umroh dari Indonesia masih tetap business to business," katanya.

Kasubdit Pengawasan Umrah dan Haji Khusus M Noer Alya Fitra menambahkan orang yang datang ke Arab Saudi dengan menggunakan visa selain umroh, juga dapat beribadah umroh. Bahkan, visa transit 24 jam juga dapat melaksanakan ibadah umroh dengan melakukan booking terlebih dahulu di aplikasi Tawakkalna atau Eatmarna.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement