Angka Kejahatan Kebencian di Kanada Meningkat, Korbannya Komunitas Muslim

Jumat , 05 Aug 2022, 20:02 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam / Redaktur : Agung Sasongko
Muslim Kanada (ilustrasi)
Muslim Kanada (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, OTTAWA -- Sebuah laporan Statistics Canada mengungkap ada 3.360 kejahatan kebencian dilaporkan oleh polisi pada 2021 atau meningkat dari 2.646 pada tahun 2020.

 

Terkait

“Tahun ini, ada lonjakan dramatis kebencian anti-Muslim, sesuai dengan angka Stats Canada.  Kami kehilangan Muslim Kanada karena kebencian pada tahun 2021,” tulis Dewan Nasional Muslim Kanada (NCCM) di Twitter dilansir dari About Islam, Kamis (4/8/2022).

Baca Juga

“Angka-angka ini juga tidak menceritakan keseluruhan cerita, kita tahu bahwa jumlah kejahatan rasial jauh melebihi apa yang muncul dalam statistik kejahatan rasial,"tambahnya. 

Menurut agensi tersebut, jumlah kejahatan bermotif kebencian yang dicatat oleh polisi telah meningkat 72 persen sejak 2019. Tahun pertama pandemi melihat jumlah tertinggi kejahatan rasial yang dilaporkan polisi sejak Statistik Kanada mulai melacak data pada 2009.

Menanggapi laporan tersebut, Canadian Race Relations Foundation (CRRF) menyerukan bantuan federal yang lebih besar untuk korban kebencian. Merek mendesak pemerintah untuk membuat dana nasional untuk organisasi yang mendukung korban kejahatan kebencian.

“Setiap tahun kami mendengar tentang meningkatnya kebencian dan setiap tahun, kami mendengar kecaman.  Tapi itu tidak cukup.  Kami dapat dan harus berbuat lebih banyak untuk membantu para korban dan masyarakat menghadapi akibat yang menyakitkan,” kata Mohammed Hashim, Direktur Eksekutif CRRF, mengatakan dalam sebuah pernyataan online.

“Kita dapat dan harus berbuat lebih banyak untuk membantu para korban dan masyarakat menghadapi akibat yang menyakitkan,"tambahnya. 

Serangan Islamofobia di Kanada telah meningkat pada tingkat yang mengkhawatirkan.  Serangan-serangan itu tidak hanya meningkat frekuensinya, banyak juga yang ditujukan kepada perempuan dan anak perempuan Muslim.

Rasisme jalanan sering kali terinspirasi oleh ujaran kebencian dan ekstremisme online, yang melonjak di Kanada. Tahun lalu, Dewan Nasional Muslim Kanada (NCCM) merilis satu set 61 rekomendasi kebijakan untuk semua tingkat pemerintahan untuk mengambil tindakan terhadap Islamofobia, termasuk langkah-langkah untuk sistem pendidikan Kanada.

Kelompok advokasi nirlaba mengembangkan rekomendasi setelah mengadakan sesi konsultasi dengan masjid, kelompok masyarakat dan organisasi yang mewakili Muslim Kanada di seluruh negeri.

Sebuah laporan yang diterbitkan oleh CAIR berjudul “Targeted: 2018 Civil Rights Report” mencatat 144 insiden anti-masjid pada tahun 2017, di mana 57 di antaranya dicap sebagai kejahatan rasial. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini