Perpustakaan Nasional Raja Fahad Pamerkan Manuskrip Langka

Jumat , 05 Aug 2022, 20:10 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/mgrol135/ Redaktur : Ani Nursalikah
Salah satu manuskrip mushaf Alquran koleksi Perpustakaan Raja Fahad Arab Saudi. Perpustakaan Nasional Raja Fahad Pamerkan Manuskrip Langka
Salah satu manuskrip mushaf Alquran koleksi Perpustakaan Raja Fahad Arab Saudi. Perpustakaan Nasional Raja Fahad Pamerkan Manuskrip Langka

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Perpustakaan Nasional Raja Fahad telah membuka pameran manuskrip Arab langka, termasuk salinan Alquran abad pertengahan.

 

Terkait

 

Baca Juga

Saudi Press Agency melaporkan Sekretaris Jenderal perpustakaan Mansour bin Abdullah Al-Zamil meresmikan pembukaan. Pameran tersebut mencakup buku-buku yang dicetak sebelum penyatuan Kerajaan pada masa pemerintahan Raja Abdulaziz.

 

Dilansir Arab News, Kamis (4/8/2022) Direktur Departemen Anekdot dan Koleksi Perpustakaan Saleh Al-Aboudi memberikan presentasi yang menjelaskan isi pameran, yang membanggakan Alquran yang berasal dari abad ketiga Hijriyah serta manuskrip lokal, miniatur, barang antik, prasasti, dan bahasa Arab dan publikasi lainnya. 

Kebenaran besar tentang sejarah masa lalu dapat memudar dengan seiring waktu. Namun, sejarah juga dapat disimpan dan dilestarikan untuk anak cucu generasi selanjutnya. Sejarah, bahkan dapat ditampung dan dipupuk dengan penuh kasih sayang hingga cenderung tahan terhadap gempuran waktu.

Perpustakaan Nasional Raja Fahd Arab Saudi telah melakukan upaya ini selama tiga dekade terakhir. Memainkan peran penting dalam pelestarian warisan Islam, serta memastikan bahwa generasi saat ini dan mendatang terus mendapat manfaat dari kontribusi Islam terhadap peradaban.

Didirikan pada 1990 di Riyadh, perpustakaan ini menampung lebih dari 6.000 manuskrip asli. Banyak di antara koleksinya langka dan kuno, termasuk Kufic Quran yang indah yang berasal dari abad ke-9 M. Total terdapat 73 ribu kertas dan transkrip elektronik.

Perpustakaan juga memiliki naskah Alquran lainnya yang ditulis dalam aksara kuno. Buku-buku khusus seperti karya puitis Al-Ahnaf Al-Akbari, seorang penyair terkenal di Baghdad yang meninggal pada tahun 995 Masehi, juga disimpan di tempat ini.

Salinan buku Ibn Daqiq Al-Eid "Ahkam Al-Ahkam," yang ditulis pada akhir abad ke-14, tersimpan dengan baik di tempat ini. El-Eid termasuk di antara para ulama besar Islam dalam dasar-dasar hukum dan kepercayaan Islam.

Selain itu, perpustakaan juga menyimpan "Yatimat Al-Dahr," sebuah buku karya Abu Mansur Al-Thaalibi. Ia merupakan seorang penulis asal Persia atau Arab yang terkenal dengan antologi dan koleksi epigramnya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini