Jumat 12 Aug 2022 23:05 WIB

Festival Wisata Budaya Pasar Terapung ke-14 Tarik Ribuan Penonton

Masyarakat memadati sisi kiri kanan siring sungai.

Festival Terapung (ilustrasi)
Foto: Antara/Bayu Pratama S
Festival Terapung (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Festival Wisata Budaya Pasar Terapung ke 14 yang digelar di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, berhasil menarik ribuan masyarakat untuk menonton.

"Sebagai upaya meningkatkan gairah wisatawan ke Kalimantan Selatan," ujar Kepala Bapeda Nurul Fajar Desira mewakili Gubernur Kalsel di titik nol Banjarmasin, Jumat malam.

Baca Juga

Selain itu, kata dia, acara yang digelar sampai 14 Agustus tersebut sebagai upaya pemerintah menjaga eksistensi budaya masyarakat dan upaya pemulihan ekonomi.

"Gubernur berpesan, agar menyemarakkan acara ini agar pariwisata kita dapat jauh lebih baik lagi," ujarnya.

Acara tersebut katanya sebagai rangkaian menyambut Hari Jadi (Harjad) ke-72 Provinsi Kalsel sekaligus HUT ke-77 Republik Indonesia (RI). Dipastikan, malam ini ada ribuan masyarakat yang antusias menyaksikan pembukaan acara tahunan yang sempat tertunda karena COVID-19.

Terlihat, masyarakat memadati sisi kiri kanan siring sungai untuk menyaksikan lomba perahu hias yang dimeriahkan oleh 13 SKPD pemerintah provinsi dan juga tari kolosal khas daerah.

"Acaranya dibuka pada malam hari di atas tongkang diikuti karnaval perahu hias dari SKPD dengan permainan laser," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kalsel Muhammad Syafruddin.

Dalam festival ini, kata dia, bisa ditemui stan kuliner dan kampung Banjar menyajikan makanan khas dari 13 kabupaten kota di Kalsel. "Ada juga lomba pawai budaya dan lomba fashion karnaval," ujarnya.

Ragam kegiatan tersebut, diniatkan mampu menyerap ribuan pengunjung dan mendongkrak pariwisata Kalsel. "Selama dua tahun terakhir kita tidak bisa banyak berkegiatan karena pandemi COVID-19. Semoga dengan adanya festival pasar terapung dan dengan terkendalinya penyebaran pandemi COVID-19 di Kalsel saat ini jumlah kunjungan wisatawan ke Kalsel dapat meningkat,? ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement