Badan Satwa Liar Arab Saudi Temukan Kerangka Cheetah yang Punah

Kamis , 18 Aug 2022, 16:45 WIB Reporter :mgrol135/ Redaktur : Ani Nursalikah
Ilustrasi cheetah. Badan Satwa Liar Arab Saudi Temukan Kerangka Cheetah yang Punah
Ilustrasi cheetah. Badan Satwa Liar Arab Saudi Temukan Kerangka Cheetah yang Punah

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Para ahli dari National Centre for Wildlife di Riyadh, Arab Saudi telah menemukan kerangka kuno 17 cheetah di sebuah gua di Rafha. Saudi Press Agency melaporkan pusat itu mengatakan temuan itu penting karena memberikan bukti langka aktivitas pemburu-pengumpul di Semenanjung Arab.

 

Terkait

Penemuan itu dilakukan selama penelitian keanekaragaman hayati gua dan badan air di daerah tersebut. CEO pusat tersebut Muhammad Ali Qurban mengatakan cheetah telah punah di Semenanjung Arab selama lebih dari 50 tahun dan bahkan spesimen yang disimpan di museum dan pusat penelitian sangat langka.

Baca Juga

Dilansir Arab News, Rabu (17/8/2022), Muhammad mengatakan penemuan kerangka yang beberapa di antaranya telah dimumikan, memberikan bukti definitif pertama bahwa cheetah pernah bermigrasi melintasi semenanjung ke utara Arab Saudi.

Dia menambahkan temuan itu akan memberikan informasi berharga untuk mendukung program penangkaran dan pemukiman kembali, serta penelitian di masa depan. Pusat Nasional untuk Satwa Liar memiliki tempat perlindungan bagi cheetah di seluruh dunia, karena berfungsi untuk membiakkan dan memukimkan kembali hewan-hewan di Arab Saudi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini