UMKM Halal Hub Kampar Siap Bawa Produk Lokal Mendunia  

Jumat , 23 Sep 2022, 17:58 WIB Redaktur : Irwan Kelana
Pemerintah Kabupaten Kampar meneken kerja sama dengan Goorita dalam rangka membuka akses pasar global, Kamis (22/9/2022).
Pemerintah Kabupaten Kampar meneken kerja sama dengan Goorita dalam rangka membuka akses pasar global, Kamis (22/9/2022).

IHRAM.CO.ID, KAMPAR -- UMKM Halal Hub merupakan sebuah strategi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kampar bekerjasama dengan program Global Halal Hub (GHH), sebuah gerakan nasional yang telah digulirkan oleh  Wapres RI, KH Ma’ruf Amin pada tanggal 27 Januari 2022 yang lalu. 

 

Terkait

Ekosistem pengembangan produk halal berbasis platform digital itu diharapkan menjadi motor sinergi dan kolaborasi pemangku kepentingan (stakeholders) mengakselerasi pengembangan UMKM dan produk halal Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan menguasai pasar global. Goorita melihat potensi produk pertanian dan perkebunan yang dihasilkan UMKM di daerah ini dapat dioptimalkan sehingga bisa bersaing di pasar lokal dan global. 

Pj Bupati Kampar Dr  H Kamsol MM   mengunjungi Goorita terkait penandatanganan MoU tentang pembangunan akses pasar global, Kamis  (22/9/2022).  "Kami mempunyai produk terkenal yaitu ikan patin, batik kampar dan lain-lain sehingga produk-produk lokal Kampar ini bisa dikembangkan dan dipasarkan sampai pasar ekspor,” ungkapnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (23/9/2022). 

Dalam rangka pembinaan UMKM,  ada beberapa kegiatan yang telah dilakukan yaitu permodalan dan pembinaan. Dalam kesempatan ini Pj Bupati kampar berharap "UMKM  sebagai pilar perekonomian, melalui pelatihan serta pembinaan, bisa memanfaatkan digitalisasi dengan sebaik-baiknya agar  bisa mengembangkan UMKM yang berbasis digitalisasi dan globalisasi," tambahnya. 

Ketua Kopsyah Dudektif, Muizin Firmansyah SKom  menyampaikan perkembangan dan langkah-langkah yang telah dilakukan sejak ditunjuk menjadi ketua pengurus Koperasi Syariah Digital UMKM Desa Kreatif . Saat ini pihaknya sedang melengkapi persyaratan-persyaratan untuk membuat badan hukumnya, langsung didampingi oleh Kadis Koperasi  dan UMKM Kabupaten Kampar Hendri Dunan.

"Kita berharap mudah-mudahan dalam waktu dekat sinergitas dengan pihak swasta Goorita bisa kita selesaikan dengan baik sehingga Koperasi Syariah Digital UMKM Desa Kreatif ini bisa difungsikan dengan segera dan memberikan hasil yang nyata,” ujarnya.

Pencanangan Kampar UMKM Halal Hub ini bukanlah tataran seremonial saja.  Tetapi,  merupakan program berkesinambungan yang dapat mensejahterakan warga Kampar dan memberikan kontribusi nyata kepada Indonesia yang merupakan  gerakan nasional sinergisitas Indonesia menuju produsen produk halal dunia 2024 yang dilaksanakan di pusat ekosistem GHH di Kota Tangerang, Banten, yang sudah diresmikan pada Kamis, 27 Januari 2022 lalu.

Adapun fasilitasi yang telah dan akan dikembangkan bersama untuk mendukung tujuan tersebut yaitu dengan membangun UMKM Halal Hub yang terdiri dari ruang workshop pembinaan, ruang konsultasi UMKM, ruang sinergi antar dinas, ruang paguyuban UMKM dan logistik hub. Sedangkan untuk pengembangan langsung produk UMKM yang memerlukan ruang packaging storage akan segera dimulai pembangunannya. 

CEO Goorita, Yuwono Wicaksono, memaparkan bahwa UMKM  Halal Hub Kampar adalah program nyata sinergisitas antara swasta dan pemerintah  daerah. "Kami, Goorita siap membantu dan membawa produk lokal Kampar menjadi raja dan motor penggerak produk lokal hinggga mendunia," paparnya.

Kampar UKM Halal Hub diharapkan menjadi salah satu langkah strategis yang terintegrasi yang akan menjadi kekuatan ekonomi daerah Kampar dan nasional serta menjadi andalan pengembangan UMKM dan produk halal menjadi raja di nusantara dan andalan di pasar global.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini