Baitul Maal Diminta Jaga Kredibilitas dan Kepercayaan Masyarakat

Selasa , 27 Sep 2022, 20:45 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Ilustrasi Baitul Maal
Ilustrasi Baitul Maal

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pj Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Darmansah berharap anggota komisioner Baitul Mal kabupaten setempat dapat melaksanakan tugas baik dan mampu meningkatkan profesionalitas guna menjaga kredibilitas dan kepercayaan masyarakat yang menyalurkan zakat, infaq dan sadaqah (ZIS) melalui lembaga itu.

 

Terkait

"Laksanakan tugas dengan baik dan jagalah kepercayaan masyarakat, sehingga akan banyak orang yang akan menyalurkan ZIS melalui lembaga ini ke depannya,? katanya di Blangpidie, Senin kemarin.

Baca Juga

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela melantik lima orang anggota Baitul Mal Abdya di aula Masjid Agung Baitul Ghafur di Gampong Guhang, Blangpidie.

Darmansah menjelaskan,Baitul Mal memiliki peran dan fungsi sangat penting, karena lembaga itu tidak hanya berperan dalam menghimpun ZIS saja, tetapi lembaga ini juga berfungsi untuk menyimpan dan menyalurkan harta yang telah terkumpul kepada pihak yang berhak menerimanya atau mustahik.

Baitul Mal juga mempunyai tugas sebagai sebuah lembaga atau pihak yang menangani harta agama, baik pendapatan maupun pengeluaran yang digunakan atau disalurkan semata-mata untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, sesuai dengan senif yang telah ditentukan.

"Sejak pertama berdiri sampai sekarang, Baitul Mal Abdya telah banyak mengumpulkan ZIS serta telah banyak pula program-program yang telah berhasil dilakukan dalam upaya menyalurkannya kepada yang berhak," katanya.

"Keberadaan Baitul Mal juga telah ikut berperan dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat, yang diwujudkan dalam bentuk bantuan modal langsung yang diberikan kepada masyarakat, seperti pedagang dan nelayan dengan sistem mudharabah," katanya.aq 

Bupati berpesan kepada anggota Badan Baitul Mal agar bekerja secara maksimal, bukan saja mengumpulkan dan menyalurkan ZIS, tetapi yang paling penting memberi kesadaran dan penyuluhan ke warga agar mereka terbuka hatinya untuk menyisihkan sebagian harta ke Baitul Mal.

"Mari kita hilangkan prinsip bahwa zakat hanya wajib bagi petani yang menanam padi ataupun Aparatur Sipil Negara saja, akan tetapi zakat itu terdiri dari bermacam jenis, seperti zakat jasa, perniagaan, perikanan, peternakan dan lainnya," katanya.

Ia juga berharap masyarakat dapat terus memahami bahwa arti penting dan manfaat membayar zakat.

Kemudian Baitul Mal agar senantiasa menjaga dan memelihara kepercayaan masyarakat, jangan sampai menimbulkan rasa apatis serta ragu-ragu untuk menyalurkan zakat kepada Baitul Mal.

"Jadikanlah Baitul Mal sebagai lembaga yang betul-betul amanah serta profesional, sehingga kepercayaan masyarakat kepada Baitul Mal akan semakin meningkat," demikian Darmansah.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini