Lihat Lebih Dekat Pusat Agama dan Kebudayaan Islam di Ljubljana

Jumat , 30 Sep 2022, 11:18 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Lihat Lebih Dekat Pusat Agama dan Kebudayaan Islam di Ljubljana
Lihat Lebih Dekat Pusat Agama dan Kebudayaan Islam di Ljubljana

IHRAM.CO.ID,LJUBLJANA -- Kelompok arsitek bernama Bevk Perovi membuat masjid pertama di Slovenia. Sebuah kanopi gantung dengan diameter 19,30 m yang terdiri dari tekstil biru, dibuat seolah melambangkan surga di atas ruang shalat.

 

Terkait

Pusat Agama dan Kebudayaan Islam (IRCC) ini terletak di dekat stasiun kereta api Ljubljana, di bekas kawasan industri. Bangunan tiga sampai empat lantai ini terdiri dari apartemen, kantor administrasi dan sekolah, dengan perpustakaan yang memisahkan halaman dari rel kereta api.

Baca Juga

Alih-alih membentuk batas dengan blok tertutup, fungsi-fungsi ini diatur dalam volume bangunan yang berdiri sendiri. Penempatannya memungkinkan pemandangan struktur masjid dengan lebar 32 × 32 m dan tinggi 24 m.

Dilansir di Detail, Jumat (30/9/2022), program fungsionalnya didistribusikan di seluruh volume bangunan dengan daya tarik pola dasar, sekaligus dibungkus dalam sampul bangunan yang homogen.

Penggunaan eksklusif warna putih memberikan penampilan abstrak dan suasana kontemplatif pada ansambel. Sisi samping tertutup bangunan tambahan dan alas masjid dua lantai terdiri dari beton putih.

Ditangguhkan di depan fasad yang sepenuhnya berlapis kaca, kerangka kisi baja yang terdiri dari bentuk belah ketupat berfungsi sebagai pelindung matahari dan pelindung visual.

Dilihat dari sudut yang ada, elemen fasad ini tampak seperti permukaan tertutup. Sementara saat dilihat dari interior, lapisan fasad sedalam 30 – 45 cm menyaring cahaya matahari, mengingatkan pada mashrabiyya oriental tradisional dengan struktur kotak kayu atau batu alamnya.

Penempatan sepert ini memungkinkan orang-orang bisa melihat dari dalam ke luar, tetapi mencegah pandangan dari luar ke dalam bangunan.  

Sumber:

 

https://www.detail.de/en/de_en/islamisches-religions-und-kulturzentrum-in-ljubljana

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini