Magetan Promisikan Batik Soheden Khas Desa Soco

Ahad , 02 Oct 2022, 22:54 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Membatik. Ilustrasi
Membatik. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kabupaten Magetan melalui pemerintah Desa Soco mempromosikan motif batik baru khas setempat, yakni Batik Soheden yang merupakan akronim dari Soco Herbal Garden.

 

Terkait

Lurah Desa Soco Didik Hariyono mengatakan Batik Soheden merupakan karya Kelompok Perempuan Perajin Batik (KPPB) Desa Soco yang mulai diluncurkan pada bulan April 2022.

Baca Juga

"Memulainya pada awal tahun, bulan Januari. Diawali dari pelatihan-pelatihan dan belajar memproduksi, hingga bulan April diluncurkan. Sekarang terus promosi," ujar Didik Hariyono di Magetan, Ahad.

Menurut dia, Batik Soheden merupakan perpaduan antara batik ciprat dan tulis. Motifnya beragam, seperti daun pepaya, jahe, bunga sepatu, dan kembang langit.

Sebagai pendatang baru, Batik Soheden intensif dipromosikan, salah satunya dengan rajin ikut pameran. Hal itu untuk memperkenalkan kepada masyarakat. Adapun, Batik Soheden diproduksi di Griya Batik Soheden di Desa Soco, Kecamatan Bendo, Magetan.

"Untuk pemasaran, kami rajin ikut pameran, juga promosi lewat media sosial dan jejaring. Alhamdulillah, ini banyak yang pesan. Baik dari Magetan ataupun luar Magetan," kata Didik.

Wakil Ketua Paguyuban Pembatik Magetan Rulis Abidah mengatakan saat ini terdapat 49 kerajinan batik yang telah tercatat di Disperindag Magetan. Namun, yang terdaftar di Paguyuban Pembatik Magetan baru sejumlah 20 perajin.

Ia berharap 49 perajin batik di Magetan tersebut dapat tergabung dalam satu wadah.

"Sehingga harapannya tidak ada pembatik di Magetan yang tertinggal, baik dari segi ilmu, pemasaran, kualitas, dan sebagainya. Diharapkan bisa maju bersama," kata Rulis.

Dalam memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh tanggal 2 Oktober, pihaknya menggelar kegiatan bertema "Nyanting Bareng IKM Batik" di Rumah Promosi Magetan.

Acara tersebut diisi dengan kegiatan membatik para tamu undangan termasuk Bupati Magetan Suprawoto, sarasehan dengan narasumber, pameran batik, pameran produk UMKM kabupaten setempat, serta hiburan musik akustik oleh seniman Magetan

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini